2 Desa di Kubu Raya Diterjang Banjir, Delapan Kepala Keluarga Harus Mengungsi

Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Kubu Raya dan sekitarnya menyebabkan puluhan rumah di Desa Teluk Kapuas dan Desa Parit Baru

2 Desa di Kubu Raya Diterjang Banjir, Delapan Kepala Keluarga Harus Mengungsi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
screenshot halaman 9 tanggal 29/4/2019 

2 Desa di Kubu Raya Diterjang Banjir, Delapan Kepala Keluarga Harus Mengungsi

KUBU RAYA - Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Kubu Raya dan sekitarnya menyebabkan puluhan rumah di Desa Teluk Kapuas dan Desa Parit Baru, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya terendam banjir sejak Sabtu dan Minggu (28/4).

Ketua RT06/RW 01 Desa Teluk Kapuas, Sayuti mengatakan, hujan lebat terjadi sejak Kamis (25/4) sore dan puncaknya Sabtu malam yang menyebabkan bertambahnya debit air hingga meluber ke permukiman warga.

“Ada 35 rumah warga yang terendam dari total 52 rumah dan sekitar delapan Kepala Keluarga (KK) telah mengungsi ke rumah sanak saudaranya,” kata Sayuti.

Menurut dia, banjir banjir kali ini terparah sejak 10 tahun belakangan. Karena tahun-tahun sebelumnya, rumah Sayuti tak pernah terendam banjir namun kali ini rumahnya ikut terendam sampai sekitar 10 centimeter.

Selain merendam puluhan rumah, banjir juga merendam lahan tanaman padi siap panen seluas lima hektare. Warga pun khawatir padi yang terendam banjir gagal panen.

"Petani khawatir gagal panen kalau tidak surut-surut merendam tanaman padi siap panen. Kami sebagai warga di sini terutama RT 6 RW 1, sangat terganggu dengan banjir ini,” tukasnya.

Baca: Fadli Zon Sebut Mahfud MD Menoreh Luka Baru di Atas Luka Lama: Kita Bisa Debat Soal Ini

Baca: Ratusan Murid PAUD Dibawah TP PKK Pontianak Kunjungi Kantor Wali Kota

Baca: Langit Cerah Berawan di Mempawah, BMKG Prakirakan Cuaca Berawan Hingga Dini Hari

Banjir tak hanya terjadi di Desa tempat Sayuti bermukim. Di Desa Parit Baru berbatasan langsung dengan Desa Teluk Kapuas, banyak warga juga mengalami hal serupa.

Di sana, menurut Sayuti, ada sekitar 30 rumah warga terendam banjir dengan kisaran 10 hingga 20 cm.

Sementara di jalan banjir sekita 80 cm, sehingga warga terpaksa menyimpan kendaraan di jalanan yang jaraknya sekitar 1 Km dari rumah.

Halaman
1234
Penulis: Bella
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved