Sambut dan Semarakkan Ramadan, BMH Kalbar Siapkan Berbagai Program

Baitul Maal Hidayatullah adalah lembaga amil Zakat Nasional yang berkiprah dibidang dakwah, sosial, pendidikan dan ekonomi.

Sambut dan Semarakkan Ramadan, BMH Kalbar Siapkan Berbagai Program
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SYAHRONI
Kepala BMH Kalbar, Baida'i, saat dijumpai beberapa waktu lalu 

Sambut dan Semarakkan Ramadan, BMH Kalbar Laksanakan Siapkan Berbagai Program

PONTIANAK - Menyambut datangnya Bulan Suci Ramadan yang tinggal menghitung hari, Baitul Maal Hidayatullah (BMH) yang merupakan lembaga di bawah Hidayatullah dan berfungsi mengelola dana zakat, infaq, shadaqah dan wakaf ummat sudah mulai melakukan kegiatan keummatan.

Baitul Maal Hidayatullah adalah lembaga amil Zakat Nasional yang berkiprah dibidang dakwah, sosial, pendidikan dan ekonomi.

"Lembaga Amil Zakat Nasional BMH sudah ada 102 Kantor se-Indonesia, 2019 ini kita menargetkan Rp1,2 miliar zakat dari masyarakat. Pada tahun lalu sebanyak Rp960 juta rupiah. Untuk layanan zakat bisa melalui transfer dan jemput zakat serta melalui stand zakat," kata Baida'i, Minggu (28/4/1019.¥

Menyambut Ramadan 1440 Hijriah ini, BMH perwakilan Kalimantan Barat telah membuat agenda pra Ramadan maupun program kerja saat berlangsungnya Ramadan nanti. Bahkan agenda yang dibuat sudah ada yang terlaksana.

Baca: Laznas BMH Kalbar Bagikan 30 Paket Perlengkapan Sekolah Pada Anak Yatim dan Dhuafa

Baca: Sambut Ramadan, Laznas BMH Kalbar Bekerjasama Dengan Puskesmas Berikan Layanan Kesehatan

Kepala Perwakilan BMH Kalbar, Baida'i saat melakukab konferensi pers menyatakan bahwa beberapa program kerja mereka adalah, Santunan Yatim dan Dhuafa, Tarhib Ramadan, Pemeriksaan Kesehatan Gratis untuk Lansia, Buka Puasa Sunnah, Festical Anak Sholeh. Itulah rangkaian kegiatan yang dilakukan BMH Kalbar dalam pra Ramadan.

Sementara untuk kegiatan dibulan Ramadan adalah Berkah Fitra, Buka Puasa Berkah, Kado Berkah Ramadan dan Sedekah Peralatan Ibadah.

"Itulah serangkaian kegiatan yang dilakukan BMH baik pra Ramadan maupun pas saat Raadannya," ucap Baida'i saat diwawancarai, Minggu (28/4/2019).

Ia menjelaskan itu dalah serangkaian acara yang dihelat BMH Kalbar, sementara tujuan dari BMH itu sendiri dari segi dakwah ada program binaan Dai tangguh, yaitu Dai yang siap membina masyarakat dipedalaman.

Baca: Laznas BMH Kalbar Gelar Gerobak Sedekah Jumat di Pontianak

Baca: Laznas BMH Kalbar Gelar Program Gerobak Sedekah Jumat

"Untuk di Kalbar saat ini ada delapan Dai yang khusus membina masyarakat dengan mendirikan pesantren, panti asuhan dan yayasan. Hal itu untuk membina masyarakat yang kurang mampu, yatim dan dhuafa serta muallaf yang ada dipedalaman," ucap Baida'i.

Kemudian dari segi pendidikan, ada program Sa'i yaitu Senyum Anak Indonesia. Program Sa'i memberikan support biaya pendidikan sepenuhnya kepada anak-anak kurang mampu, baik itu yatim, dhuafa, dan mualaf. Anak-anak tersebut akan diasramakan baik di panti asuhan maupun pesantren.

"Anak-anak tersebut akan digratiskan dari biaya pendidikan dan kehidupan. Bahkan anak-anak itu kami akan sekolahkan hingga perguruan tinggi. Ada lima perguruan tinggi milik BMH yang akan mengakomodir. Lima perguruan tinggi tersebut berada di Surabaya, Depok, Batam, Balikpapan dan Malang," jelasnya.

Anak-anak tersebut akan disiapkan untuk kembali ke masyarakat yang ada di pelosok. Untuk membina masyarakat agar kembali lebih bermanfaat.

"Untuk program sosial, membantu memberi manfaat bagi dhuafa baik dari segi kesehatan dan lainnya. Contoh program sosial diantara pengobatan gratis, khitanan massal, serta bantuan untuk yang kurang mampu," tegas Baida'i.

Program ekonomi dilakukan sinergitas dengan yayasan dan pesantren yang dibina BMH untuk menumbuhkan ekonomi produktif. Seperti di bawah daerah Batu Layang Kota Pontianak yaitu penanaman nanas dan rumah walet. (Syahroni)

Penulis: Syahroni
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved