KPU Sintang Pastikan Persiapan Pleno Rekapitulasi Suara Sudah 95 Persen

KPU Kabupaten Sintang memang telah merencanakan untuk memulai Pleno Rekapitulasi Suara pada Senin, 29 April 2019 besok.

KPU Sintang Pastikan Persiapan Pleno Rekapitulasi Suara Sudah 95 Persen
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Kondisi Ruang Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum Tahun 2019 yang berada di Kompleks Kantor Satpol-PP dan Damkar Sintang, Minggu (28/4/2019) sore. 

KPU Sintang Pastikan Persiapan Pleno Rekapitulasi Suara Sudah 95 Persen

SINTANG - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sintang, Hazizah mengatakan bahwa persiapan rapat Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum Tahun 2019 yang akan dilaksanakan besok hampir selesai. 

Diketahui bahwa KPU Kabupaten Sintang memang telah merencanakan untuk memulai Pleno Rekapitulasi Suara pada Senin, 29 April 2019 besok. 

"Persiapan rekapitulasi kita sudah 95 persen untuk teknisnya, karena kita juga melibatkan kawan-kawan PPK kemudian kita juga sudah rapat koordinasi dengan pihak-pihak terkait," ujar Hazizah, Minggu (28/4/2019) siang. 

Menurut Hazizah, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak keamanan TNI-Polri, Dinas Kesehatan, Satpol-PP, Kesbangpol dan pihak terkait lainnya. 

Baca: Hadiri Perayaan Paskah ASN Kristen, Asisten II Ajak Bersama-sama Bangun Sintang

Baca: VIDEO: TNI-Polri Kawal Ketat Logistik Pemilu 2019 dari PPK Kelam Permai Menuju KPU Sintang

Hazizah menerangkan bahwa memang sebelumnya Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilpres dan Pileg Tahun 2019 Tingkat PPK telah dilakukan, saat ini sudah ada yang selesai dan ada juga yang belum. 

"Memang ada beberapa kecamatan yang belum selesai. Namun kita tetap berjalan karena kita di tingkat kabupaten dimulai dari tanggal 20 April sampai tanggal 7 Mei, jadi kita ikuti saja mana PPK yang sudah selesai," jelasnya. 

Menurutnya untuk rekapitulasi di tingkat kabupaten, KPU Kabupaten Sintang berencana satu hari bisa menyelesaikan rekap untuk dua kecamatan. 

"Insyaallah besok kita mulai untuk Kecamatan Tempunak dan Kecamatan Sungai Tebelian. Untuk logistik arus balik memang yang sudah sampai di sini yaitu dari Kecamatan Tempunak, Binjai Hulu, Sungai Tebelian, Kelam Permai, dan Kayan Hilir," katanya. 

Sementara yang lainnya, Hazizah mengatakan ada PPK yang sedang proses penyelesaian rekapitulasi dan ada juga yang logistiknya sudah dalam perjalanan menuju ke Sintang. 

Baca: Dua Anggota KPPS di Sintang dan Sanggau Meninggal, Daftar Panjang Duka Pemilu 2019 di Kalbar

Baca: Ketua KPPS 06 Desa Kebong Wafat, KPU Sintang Berduka

"Seperti dari Kecamatan Serawai, Ambalau, Ketungau Hilir dan Ketungau Hulu. Hari sedang dalam perjalanan. Mudah-mudahan kalau tidak sore ini, mungkin nanti malam sudah sampai di Sintang," jelas Hazizah. 

Selain itu, mengantisipasi peserta rapar rekapitulasi mengalami kelelahan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang sehingga di area rapat disiapkan posko kesehatan. 

"Jadi nanti tim kesehatan atau posko kesehatan  sudah disiapkan jika memang kemungkinan-kemungkinan ada penyelenggara atau peserta rapat yang merasa kelelahan pada saat proses rekapitulasi langsung ditangani oleh tim kesehatan," pungkasnya. (Wahidin) 

Penulis: Wahidin
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved