PSU TPS 07 Pontianak Selatan, Jokowi 152 Suara, Prabowo 5 Suara

Ketua KPPS TPS 07 yang dilaksanakannya PSU, Soegeng Bejo menerangkan, tidak ada kendala dalam pelaksanaan PSU

PSU TPS 07 Pontianak Selatan, Jokowi 152 Suara, Prabowo 5 Suara
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Pemungutan suara ulang (PSU) lima jenis surat suara di TPS 07 Komplek Pondok Pelangi, Jalan Karya Baru, Pontianak, Kalbar, Kamis (25/4/2019). Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin menang telak di TPS tersebut 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pasangan Capres-Cawapres 01, Jokowi-KH Ma'ruf Amin menang telak setelah hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU), di TPS 07, Komplek Pondok Pelangi, Pontianak Selatan, Kamis (25/4/2019) kemarin. Dari 157 orang yang menyalurkan hak pilih, Paslon 01 Jokowi-Amin mendapatkan 152 suara, dan Paslon 02 Prabowo-Sandi mendapatkan lima suara.

Ketua KPPS TPS 07 yang dilaksanakannya PSU, Soegeng Bejo menerangkan, tidak ada kendala dalam pelaksanaan PSU. "Partisipasi di TPS 07 sekitar 70-an persen, 157 pemilih menggunakan hak pilihnya dari DPT 252, untuk kendala alhamdulillah tidak ada," katanya.

Menurutnya, tidak ada perbedaan signifikan partisipasi pemilih dibanding saat pencoblosan di 17 April lalu. "Partisipasi pemilih dibanding kemarin kurang lebih sama, penurunan tetap ada tapi tidak terlalu banyak," tuturnya.

Baca: Situng KPU Pilpres 2019 Terbaru Jumat (26/4) Jam 20.30 WIB Di Kota Pontianak, Data Masuk 77,03%

Lebih lanjut, ia pun menerangkan akan menyelesaikan penghitungan dan rekapitulasi pada hari yang sama. Selanjutnya, hasilnya akan disampaikan ke tingkat kecamatan.

"Prosesnya sama seperti 17 April kemarin, hari ini juga harus selesai, sampai kirim ke PPK di Asrama Haji," katanya.

Koordiantor Divisi (Kordiv) SDM dan Organisasi Bawaslu Kalbar, Syf Aryana Kaswamayana memastikan pelaksanaan PSU di Kota Pontianak berjalan sesuai mekanisme yang ada. "Alhamdulillah seluruh proses PSU hari ini yang dilaksanakan di Kota Pontianak berjalan dengan lancar sesuai dengan SOP yang ada di penyelenggara Pemilu," katanya.

Artinya, kata dia, semua persiapan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan sampai saat ini berjalan dengan lancar. Selain itu, pihaknya juga melakukan pengawasan, termasuk Pengawas TPS (PTPS), dan saksi dari masing-masing peserta Pemilu.

"Ini sudah sesuai dengan standar SOP, sudah sesuai mekanisme ada pengawas TPS-nya, saksi peserta Pemilu," katanya.

Baca: VIDEO: Bawaslu Temukan Pencoblosan Dua Kali di TPS 34 Kelurahan Pasiran

Lebih lanjut, ia pun mengapresiasi masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya tidak jauh dari jumlah pemilih Pemilu yang lalu. "Kalau dilihat dari DPT 252 pemilih, menggunakan hak pilihnya 143, DPTb 4 dan DPK 10. Artinya, 50-70 persen antusias warga di TPS cukup kita apresiasi menggunakan hak pilihnya," ujarnya.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Haryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved