PSU TPS 04 di Kabupaten Sanggau, Jokowi-Amin Unggul Telak

Proses pencoblosan sampai perhitungan suara berlangsung aman dan lancar

PSU TPS 04 di Kabupaten Sanggau, Jokowi-Amin Unggul Telak
TRIBUNPONTIANAK/Hendri Chornelius
Suasana perhitungan suara di PSU TPS 04, Dusun Sebotuh, Desa Maju Karya, Kecamatan Parindu, Kamis (25/4/2019) sore 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul telak, di tempat Pemungutan Suara Ulang (PSU) TPS 04 Dusun Sebotuh, Desa Maju Karya, Kecamatan Parindu, Sanggau, Kamis (25/4).

Pasangan 01 memperoleh sebanyak 173 suara, sesangkan pasangan Capres dan Cawapres 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hanya memperoleh empat suara.

Proses pencoblosan sampai perhitungan suara berlangsung aman dan lancar. Sebelumnya, Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono langsung memantau proses PSU TPS 04. Kapolda turut didampingi Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi, Dandim 1204/Sanggau, Letkol Inf Gede Setiawan, dan Ketua Bawaslu Kalbar, Ruhermansyah dan pejabat lainnya.

Ketua KPU Sanggau, Martinus Sumarto menyampaikan bahwa proses PSU, di 3 TPS di Sanggau berjalan aman dan lancar. “PSU di Kecamatan Kapuas dan Kecamatan Kembayan sudah selesai. Dan di Kecamatan Parindu sedang proses perhitungan,” katanya.

Baca: PSU TPS 07 Pontianak Selatan, Jokowi 152 Suara, Prabowo 5 Suara

Akan tetapi, diungkapkan, persentase pemilih berkurang jika dibandingkan dengan hari pemungutan suara pada 17 April 2019 lalu. “Ada yang tidak memilih. Dibandingkan pemilihan pada 17 April ada penurunan persentase pemilih, namun kita belum bisa pastikan berapa persen angkanya,” imbunya.

Ada tiga TPS di Sanggau yang menggelar PSU, di antaranya TPS 04, Desa Maju Karya, Kecamatan Parindu dengan jumlah 235 pemilih, terdiri dari 123 laki-laki dan 112 perempuan. Kemudian, TPS 08, Desa Tanjung Merpati, Kecamatan Kembayan dengan jumlah 164 pemilih, terdiri dari 91 laki-laki dan 73 perempuan, dan TPS 06, Penyalimau, Kecamatan Kapuas dengan jumlah 53 pemilih, terdiri dari 30 laki-laki dan 23 perempuan.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sanggau, Alipius menyampaikan, PSU tiga TPS di Sanggau berjalan lancar sebagai mana ketentuan-ketentuan yang berlaku. Ia mengungkapkan, tidak ada hambatan dan gangguan selama proses berlangsung.

“Di TPS 04 Sebotuh dipantau langsung oleh Kapolda serta Ketua Bawaslu Provinsi. Kemudian setelah memantau langsung PSU di Sebotuh, Ketua Bawaslu menyempatkan diri ke Kembayan,” katanya.

Baca: VIDEO: Bawaslu Temukan Pencoblosan Dua Kali di TPS 34 Kelurahan Pasiran

Ia memastikan, pihaknya melakukan pengawasan melekat (Waskat) selama proses PSU di tiga TPS. Pihaknya telah membagi tugas masing-masing komisioner untuk melakukan pemantauan ke TPS-TPS tersebut.

“Selain Komisioner Bawaslu Kabupaten, pengawalan PSU di tiga kecamatan yang dimaksud juga di awasi oleh Anggota Panwaslu Kecamatan di masing-masing kecamatan dibantu oleh Panwaslu desa masing-masing,” ujarnya.

Baca: Demi Optimalkan Pleno Kecamatan, Tokoh Masyarakat Harap PPK Dapat Bagi Tugas

Selain itu, Divisi Pelanggaran dan Penindakan Bawaslu Sanggau, Inosensius juga menyampaikan bahwa proses PSU di tiga TPS di Sanggau berlangsung aman dan lancar. “Sampai saat ini, PSU di tiga TPS di Kabupaten Sanggau berjalan aman dan lancar. Dan sudah sesuai dengan prosedur,” pungkasnya.

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Haryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved