Bupati Atbah Instruksi Gencarkan Sidak dan Razia Pekat Jelang Puasa

Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili menginstruksikan jajarannya untuk mencegah lonjakan harga

Bupati Atbah Instruksi Gencarkan Sidak dan Razia Pekat Jelang Puasa
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/TITO RAMADHANI
Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili saat melaksanakan inspeksi mendadak ke Pasar Sambas, Terminal Sambas dan SPBU Rambi Sambas, Jumat (8/6/2018) lalu. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili menginstruksikan jajarannya untuk mencegah lonjakan harga jelang menghadapi puasa Ramadan 1430 Hijriyah/2019 Masehi. Selain itu, ia juga meminta jajarannya untuk memperkuat razia Penyakit Masyarakat (Pekat).

"Kita akan turun untuk melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di pasar-pasar di Sambas, dan operasi pasar untuk persiapan Ramadan yang sudah dekat," ujar Atbah kepada Tribun, Kamis (25/4/2019).

Baca: Jelang Ramdan, Harga Sembako di Sambas masih Stabil

Ia juga meminta agar jajarannya menyoroti ketersediaan gas elpiji 3 Kilogram di tengah-tengah masyarakat. Khusus itu, ia telah menginstruksikan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Sambas untuk mengambil langkah antisipasi jika terjadi kenaikan pada gas elpiji.

"Lalu terpenting kontrol kita terhadap elpiji. Sebenarnya, instansi terkait sudah lakukan itu, tapi dengan cakupan yang cukup luas tentu cukup sulit dikontrol secara komprehensif. Misalnya, di Kecamatan Paloh dan wilayah jauh lainnya," jelas Atbah.

Baca: VIDEO: Bupati Mempawah Janji Akan Beri Bonus Kafilah Jika Juara Umun di STQ

Atbah juga mengungkapkan bahwa dirinya akan membentuk tim khusus agar bisa mengambil langkah-langkah strategis yang diperlukan. Ia kembali menegaskan bahwa tim itu bisa mengantisipasi harga barang tidak melonjak menjelang dan selama Ramadan.

"Untuk ini kita akan bentuk tim, supaya bisa mengantisipasi apa yang tidak kita inginkan, yakni kenaikan harga barang sebelum dan dalam masa Ramadan hingga Idul Fitri," tuturnya.

Selain lonjakan harga, Atbah juga menyoroti persoalan Pekat jelang dan selama Ramadan. Maka dari itu, ia akan meningkatkan kontrol agar tidak terjadi Pekat.

"Selain itu kita juga mengevaluasi terkait Pekat dan menggalakkan razia. Kita sudah instruksikan kepada Satpol PP untuk mengawal dan menegakkan Perda," tegasnya.

Ia juga berjanji akan meningkatkan razia Pekat agar masyarakat bisa menjalankan ibadah puasa dengan lebih khusyuk. Ia menilai hal itu penting agar kualitas ibadah masyarakat Sambas lebih baik dengan dekat kepada Allah SWT.

"Intensitas razia Pekat dan kontrol terhadap ini tentu akan kita tingkatkan. Dan, Satpol PP juga sudah membagi-bagikan Alquran menjelang Ramadan sebagai upaya awal, selain meningkatkan intensitas razia itu tadi," tukasnya.

Baca: Bupati Sekadau Hadiri Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pemda se-Kalbar

Halaman
12
Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Haryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved