Rekapitulasi Suara Tingkat PPK di Sintang, Rata-rata Petugas Bekerja Hingga Larut Malam

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilpres dan Pileg Tahun 2019 Tingkat PPK ini telah dimulai pada 18 April- 4 Mei 2019.

Rekapitulasi Suara Tingkat PPK di Sintang, Rata-rata Petugas Bekerja Hingga Larut Malam
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sintang Divisi Hukum, Antonius Viktorinus Tian saat diwawancarai di Padepokan Sintang, Kompleks Stadion Baning Sintang, Kamis (25/4/2019) siang 

Rekapitulasi Suara Tingkat PPK di Sintang, Rata-rata Petugas Bekerja Hingga Larut Malam

SINTANG - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sintang Divisi Hukum, Antonius Viktorinus Tian menyampaikan bahwa saat ini semua petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sedang melaksanakan proses rekapitulasi suara. 

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilpres dan Pileg Tahun 2019 Tingkat PPK ini telah dimulai pada 18 April- 4 Mei 2019. Petugas pun rata-rata melaksanakan rekapitulasi dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB. 

"Rata-rata dari pagi jam delapan, kemudian istirahat jam 12, kemudian lanjut sampai sore dan istirahat, lalu lanjut sampai jam 12 malam. Bahkan di PPK Serawai sampai jam tiga subuh baru selesai," katanya, Kamis (25/4/2019) siang.

Baca: Di Kabupaten Sintang 4 Pejuang Demokrasi Gugur, Ada yang Hamil Tua

Baca: PPK di Sintang di Infus Lakukan Rekap, Ramdan Harapkan Jajaran Perhatikan Kesehatan

Meskipun demikian, Tian menyampaikan bahwa untuk selesainya rekapitulasi suara setiap harinya tergantung kesepakatan antara PPK dan saksi. Sebab memang proses rekapitulasi ini cukup menguras tenaga dan stamina. 

"Tapi untuk jam selesainya ini kesepakatan antara PPK dan saksi, apakah dia masih mampu sampai tengah malam lanjut, kalau tidak jangan dipaksa. Karena banyak juga yang staminanya menurun karena kelelahan," katanya. 

Lanjutnya bahwa saat ini petugas puskesmas juga telah diinstruksikan Dinas Kesehatan Sintang untuk membuat posko di setiap tempat pelaksanaan rekapitulasi untuk untuk mengecek kesehatan daripada petugas. 

Baca: Empat TPS Laksanakan Pemungutan Suara Lanjutan Besok, Dua Komisioner KPU Sintang Turun Tangan

"Petugas kesehatan melakukan pemeriksaan kesehatan bagi petugas kita saat pleno. Tentu ini sangat bermanfaat, karena cukup banyak petugas PPK kelelahan. Seperti rekapitulasi di PPK Sintang, ketuanya sampai diinfus," tutupnya.

Penulis: Wahidin
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved