TKA Tiongkok Tewas di Ketapang, Baca Kronologis dan Penyebabnya?

Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok ditemukan tewas, di teras Mess PT SJM Alas Kusuma, Jl Alas Kusuma

TKA Tiongkok Tewas di Ketapang, Baca Kronologis dan Penyebabnya?
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ NUR IMAM SATRIA
Jenazah korban TKA asal Tiongkok bernama Li Tao, yang akan dibawa menuju Pontianak dan setelahnya jenazah akan dipulangkan ke negara asalnya. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok ditemukan tewas, di teras Mess PT SJM Alas Kusuma, Jl Alas Kusuma, Desa Payak Kumang, Kecamatan Delta Pawan, Ketapang, Minggu (21/4/2019) lalu.

TKA bernama Li Tao itu diduga jatuh ketika memanjat atap mess untuk menangkap burung yang lepas.

"Diduga korban naik ke atap mess karena mengejar burung peliharaan milik temannya yang masih pulang ke Tiongkok. Burung tersebut dititipkan ke korban," jelas Kapolres Ketapang, AKBP Yury Nurhidayat melalui Kasat Reskrim Polres Ketapang, AKP Eko Mardianto, pada Selasa (23/4/2019).

Baca: Bupati Atbah Janjikan Apresiasi Peraih Nilai Ujian Tertinggi di Sambas

Kasat menceritakan, korban awalnya ditemukan saksi bernama Pauzan yang melintas di lokasi kejadian sekira pukul 18.30 WIN. Ketika itu, saksi pergi mencari makan.

“Di dalam perjalanan, saksi menemukan seorang laki-laki dalam keadaan tergeletak di Mess PT Alas Kusuma dengan kondisi kepala mengeluarkan darah,” ungkapnya.

Selanjutnya, saksi memanggil pihak keamanan bernama Razak untuk melakukan pengecekan terhadap korban. Kedua saksi kemudian membawa korban ke Rumah Sakit (RS) Fatimah dengan menggunakan mobil perusahaan.

Baca: Program Sergab Dinas Pertanian Sanggau Hargai Gabah Rp 3.700 per Kg

Menurut Eko Mardianto, saat ditemukan korban masih dalam keadaan bernyawa. Namun, sesampainya di RS Fatimah Ketapang diketahui korban sudah tidak bernyawa lagi.

Hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), diperkirakan korban jatuh dari atap mess setinggi lima meter. Jenazah korban sudah diberangkatkan dari Yayasan Dharma Bhakti Kelurahan Mulia Baru, menuju RS Soedarso Pontianak untuk dilakukan autopsi. Sesudahnya, korban akan langsung dipulangkan ke negara asalnya.

Humas PT SJM, Yosef saat dikonfirmasi menyebutkan TKA yang berasal dari Tiongkok bernama Li Tao (43) bekerja sebagai teknisi turbin di perusahaannya.

"Kebetulan mess itu kan sepi. Kemudian, ada karyawan kapal yang mau keluar melihat ada orang yang tergeletak, dikira orang mabuk, setelah dilihat seperti habis kecelakaan jatuh, soalnya sudah berdarah-darah," ujar Yosef.

Baca: BPP Prabowo-Sandi di Kalbar Tuding KPU Sengaja Soal Salah Entry C1, Begini Pembelaan KPU RI

Yosef menuturkan, bahwa korban telah bekerja sebagai teknisi turbin di PT SJM selama tiga tahun.

"Jadi kita beli mesin turbin itu kan dari Tiongkok, jadi yang bersangkutan sebagai teknisi yang sekaligus mentraining orang kita di sini," imbuhnya.

Penulis: Nur Imam Satria
Editor: haryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved