Pemilu 2019

Pemilihan Suara Ulang di TPS 01 Kecamatan Kalis Ada Unsur Pidana

Komisioner Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat Mohammad menyatakan, pelanggaran Pemilu yang dilakukan di TPS 01 Desa Semerantau

Pemilihan Suara Ulang di TPS 01 Kecamatan Kalis Ada Unsur Pidana
ISTIMEWA/net
Logo Bawaslu RI 

Pemilihan Suara Ulang di TPS 01 Kecamatan Kalis Ada Unsur Pidana

KAPUAS HULU - Menyikapi PSU dan PSL Dua TPS di Kabupaten Kapuas Hulu, Komisioner Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat Mohammad menyatakan, pelanggaran Pemilu yang dilakukan di TPS 01 Desa Semerantau Kecamatan Kalis tidak hanya berujung pada proses PSU.

"Bahwa diduga ada unsur pidana yang terjadi, sehingga pelanggaran tersebut akan dibahas ke Sentra Gakumdu Kapuas Hulu, yang melibatkan Kepolisian dan Kejaksaan," ujarnya kepada wartawan, di Sekretariat Bawaslu Kapuas Hulu, Rabu (24/4/2019).

Baca: Besok Pemilihan Suara Ulang dan PSL Dua TPS di Kapuas Hulu, Ini Persiapannya

Baca: FOTO: Wagub Kalbar Ria Norsan Buka Rakor Penanggulangan Kemiskinan di Kalbar Yang Mencapai 7,37%

Baca: Pemkot Luncurkan Aplikasi Layanan Pengaduan SP4N-LAPOR 3.0

Menurutnya, pelanggaran administrasi Pemilu memang tidak menghalangi terkait penanganan pidananya. Kalau kasus pidana pemilu ditangani bersama kejaksaan dan kepolisian. "Jadi ada yang kita ajukan ke Gakumdu, diantaranya pelanggaran di Kapuas Hulu dan Melawi," ucapnya.

Mohammad menjelaskan, perlakuan pidana di Pemilu, berlaku juga ketentuan di KUHP. Ada dua alat bukti, kemudian bisa ditingkatkan menjadi penyidikan. Oleh sebab itu terhadap pelanggaran di TPS 01 Desa Semerantau Kecamatan Kalis, proses pidananya berjalan, administrasi dan etiknya juga dijalani. "Kalau ada pelanggaran pidananya tetap kita jalankan ke proses pembahasan di sentra Gakumdu," ujarnya.

Pelanggaran pemilu di TPS 01 Desa Semerantau memang telah diputuskan sanksi administrasi berupa PSU. Selain itu ada rekomendasi sangsi etik. "Terkait etik, kami merekomendasikan petugas KPPS yang melanggar kemaren tidak menjadi petugas KPPS lagi kedepannya," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved