Kembangkan Budaya Literasi, Disdikbud Sintang Imbau Buat Rak Mini di Tiap Ruang Kelas

"Saya selalu menyampaikan agar di sekolah mulai mengembangkan budaya literasi dengan sesederhana mungkin.

Kembangkan Budaya Literasi, Disdikbud Sintang Imbau Buat Rak Mini di Tiap Ruang Kelas
TRIBUPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Lindra Azmar 

Kembangkan Budaya Literasi, Disdikbud Sintang Imbau Buat Rak Mini di Tiap Ruang Kelas

SINTANG - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mencanangkan Gerakan Literasi Sekolah tahun 2015 yang merupakan implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sintang, Lindra Azmar mengatakan pihaknya berupaya mewujudkan hal itu. Pada tiap pertemuan, dirinya selalu menegaskan agar sekolah memulai dengan sesederhana mungkin.

"Saya selalu menyampaikan agar di sekolah mulai mengembangkan budaya literasi dengan sesederhana mungkin. Anak-anak kita waktunya kita manfaatkan dengan budaya membaca," ujar Lindra di ruang kerjanya, Rabu (24/4/2019) pagi.

Baca: Balap Liar di Jalan GOR Ngabang, Sabhara Polres Landak Amankan 4 Remaja dan Satu Unit Motor

Baca: Lantik dan Ambil Sumpah 30 Pejabat Fungsional, Norsan: Pejabat Fungsional Harus Kreatif

Baca: Kalbar Jadi Provinsi Paling Banyak Orang Miskin dan Lima Kabupaten Ini Jadi Penyumbang

Bahkan dia menegaskan bahwa sebelum diterapkan kepada siswa-siswi, maka guru-guru juga wajib mengimplementasikannya. Kemudian barulah ditularkan ke siswa-siswi yang dimulai dengan cara-cara yang sesederhana mungkin.

"Misalnya saat masuk kelas, anak-anak biasakan salam dengan guru, menyanyikan lagu wajib, setelah itu anak-anak diberikan kesempatan untuk membaca sebanyak 10 menit dari buku-buku yang ada di ruang kelas," jelasnya.

Setelah membaca, siswa kemudian secara acak diminta menjelaskan ilmu yang didapat dengan membaca. Bahkan, bagi siswa yang menunjukan keberhasilan meningkatkan prestasi lewat budaya literasi, dapat diberikan penghargaan.

Oleh karena itu, untuk mewujudkan budaya literasi dapat berjalan efektif di setiap sekolah. Dirinya juga mengimbau kepada sekolah-sekolah untuk membuat rak-rak mini di sudut kelas sebagai tempat menyimpan berbagai jenis buku.

"Kita minta ke sekolah selain di sekolah itu ada perpustakaan, di tiap kelas juga ada rak mini buku. Jadi saat siswa masuk kelas itu membaca dulu, jadi bukan hanya buku paket, tapi bisa buku lain yang mendidik karakter anak," jelasnya.

Penulis: Wahidin
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved