Empat TPS Laksanakan Pemungutan Suara Lanjutan Besok, Dua Komisioner KPU Sintang Turun Tangan

Adapun empat TPS tersebut ialah TPS 001 di Desa Nanga Payak dan TPS 003 di Desa Nanga Tanggoi, Kecamatan Kayan Hulu

Empat TPS Laksanakan Pemungutan Suara Lanjutan Besok, Dua Komisioner KPU Sintang Turun Tangan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sintang, Hazizah melakukan Launching Distribusi Logistik Pemilu Tahun 2019 untuk Kecamatan Serawai dan Ambalau di Gudang KPU Sintang, Jalan PKP Mujahidin, Kamis (4/4/2019) pagi. 

Empat TPS Laksanakan Pemungutan Suara Lanjutan Besok, Dua Komisioner KPU Sintang Turun Tangan

SINTANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sintang akan menggelar Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) khusus jenis Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Sintang pada 25 April 2019 besok.

Adapun empat TPS tersebut ialah TPS 001 di Desa Nanga Payak dan TPS 003 di Desa Nanga Tanggoi, Kecamatan Kayan Hulu. Kemudian TPS 03 dan TPS 04 Desa Jaya Sakti, Kecamatan Kayan Hilir.

Ketua KPU Sintang, Hazizah menjelaskan bahwa PSL dilakukan terkait dengan tidak adanya surat suara jenis Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden di empat TPS tersebut pada hari pencoblosan kemarin.

Untuk itu, PSL hanya dilakukan pada jenis pemilihan tersebut. Menurutnya logistik surat suara dan C1 untuk PSL disiapkan langsung oleh KPU-RI, logistik tersebut sudah sampai di Sintang pada 23 April 2019 kemarin.

Baca: Helmi Apresiasi Pelaksanaan Ujian Sekolah di Kota Singkawang

Baca: Pakai Bahan Terigu, Sayuran Kering dan Bumbu, Apakah Benar Mi Instan Tidak Sehat?

"Jadi tanggal 23 kemarin sampai di Sintang dengan pengawalan dari pihak kepolisian dan Bawaslu, langsung kita jemput. Pada hari itu juga langsung kira sortir dan lakukan pelipatan," katanya, Rabu (24/4/2019) siang.

Lanjutnya bahwa hari ini distribusi logistik surat suara lengkap dengan alat kelengkapan dan kebutuhan di TPS sudah didistribusikan menuju ke PPK di Kecamatan Kayan Hulu dan Kecamatan Kayan Hilir.

"Tadi pagi sudah kita distribusikan. Sekarang posisinya sudah sampai di sana karena memang besok kegiatan pemungutannya. Karena kita PSL dan jenis pemungutannya pun hanya pemilihan Presiden dan Wakil Presiden," jelasnya.

Menurut Hazizah surat suara di simpan di masing-masing kotak suara. Semuanya ada empat kotak suara, karena masing-masing TPS yang melakukan PSL hanya menggunakan satu kotak suara.

Baca: Terbukti Money Politic, Caleg Terpilih Terancam Dibatalkan

Baca: Lima Jenis Makanan Pantangan Meriam Bellina, Artis Paling Cantik Versi Hotman Paris

"Untuk total surat suara sesuai dengan jumlah pemilih di sana, jadi DPT + 2 persen. Semua kebutuhan surat suara sebanyak 544 di 4 TPS tersebut. Kita sudah berkoordinasi, kawan-kawan PPK maupun KPPS di sana sudah siap untuk pemungutan suara besok," jelasnya.

Namun yang sedikit berbeda pada proses pemungutan suara lanjutan tersebut menurutnya bahwa sebanyak dua orang Komisioner KPU Kabupaten Sintang turun langsung mematikan pelaksanaan PSL berjalan lancar.

"Dua Komisioner kita, Bu Karsinah dan Pak Edi sudah di sana sekarang. Hari ini juga kawan-kawan sudah melakukan persiapan untuk pemungutan suara besok. Selain dari itu, semua prosesnya sama seperti pemungutan suara 17 April kemarin," pungkasnya.

Penulis: Wahidin
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved