Pemilu 2019

Masyarakat Sering Posting Dimedia Sosial, Diimbau Pantau Rekap Suara Tingkat Kecamatan

Komisioner KPU RI, Viryan Aziz mengajak masyarakat untuk ikut memantau rekapitulasi suara ditingkat kecamatan, khususnya masyarakat

TRIBUPONTIANAK.CO.ID/RIDHO PANJI PRADANA
Komisioner KPU RI, Viryan Aziz 

Masyarakat Sering Posting Dimedia Sosial, Diimbau Pantau Rekap Suara Tingkat Kecamatan

PONTIANAK - Komisioner KPU RI, Viryan Aziz mengajak masyarakat untuk ikut memantau rekapitulasi suara ditingkat kecamatan, khususnya masyarakat yang gemar memposting dimedia sosial.

"Jadi kita berharap masyarakat yang sering posting dimedia sosial, coba sekali-sekali deh datang ke kantor Kecamatan lihat bagaimana rekapitulasi suara di Kecamatan, apakah dilakukan tertutup, semata-mata oleh petugas PPK, atau dilakukan terbuka, kalau dilakukan tertutup hanya petugas PPK tidak boleh dan harus diulang tetap harus melibatkan pengawas kecamatan kemudian ada unsur saksi dari peserta pemilu, nanti juga di Kabupaten Kota dan tingkat Provinsi," ujarnya kepada Tribun, Senin (22/04/2019).

Jika ada kecurangan atau ada hal-hal yang berbeda, kata dia, para saksi yang mewakili TKN 01, BPN 02 dari peserta pemilu atau perseorangan bisa langsung mengkoreksi.

Baca: Kepala BNN Kota Pontianak Sebut OPD di Pemkot Belum Maksimal Pelaporan Kegiatan

Baca: Viryan Aziz: Keliru Entry Bukan Bentuk Kecurangan

Baca: RM Cahaya Minang Sajikan Aneka Menu Yang Nikmat

"Ini yang mungkin masih banyak masyarakat kepo atau kurang mengetahui bagaimana gambaran kegiatan rekapitulasi oleh KPU, ini dilakukan secara terbuka tidak ada yang tertutup," tuturnya.

Maka dari itu, ia pun mengimbau agar masyarakat dapat berperan dan ikut serta mengawal suara diperekapan suara baik tingkat kecamatan hingga Provinsi nantinya.

"Kami mengajak masyarakat silahkan memperhatikan, memantau melihat perkembangan rekapitulasi ditingkat kecamatan, jika ada kekeliruan mestinya bisa langsung diselesaikan, karena rekap di Kecamatan dihadiri para saksi peserta pemilu, kan saksinya hadir, tidak ada setau saya rekapitulasi tingkat kecamatan yang dilakukan tertutup," katanya.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved