Citizen Reporter

Mahasiswa Profesi Ners Untan Gelar Posyandu Balita

Acara Posyandu Balita ini dilaksanakan di SDN 46 Dusun Selat Kering Punggur Kapuas Kecamatan Sungai Kakap.

Mahasiswa Profesi Ners Untan Gelar Posyandu Balita
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Pemeriksaan Kesehatan Balita, menimbang berat badan (BB), mengukur tinggi badan (TB), Imunisasi dan mengisi buku KMS 

Citizen Reporter

Sari Hari Yani

PONTIANAK - Posyandu balita merupakan satu diantara rangkaian kegiatan bagian dari pelaksanaan praktik komprehensif Keperawatan Komunitas dengan  Mahasiswa Program Studi Profesi Ners Universitas Tanjungpura Angkatan 6, Senin (22/4/2019).

Hal tersebut sebagai bagian dari pelaksanaan praktik komprehensif Keperawatan Komunitas dengan mengaplikasikan Tri Dharma perguruan tinggi yang ketiga yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Acara Posyandu Balita ini dilaksanakan di SDN 46 Dusun Selat Kering Punggur Kapuas Kecamatan Sungai Kakap

Kegiatan diawali dengan registrasi kedatangan peserta Posyandu Balita, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan balita seperti menimbang berat badan (BB), mengukur tinggi badan (TB), Imunisasi dan mengisi buku KMS yang dilakukan oleh petugas kesehatan dan mahasiswi/i Profesi Ners Untan.

Kemudian dilanjutkan dengan pemutaran vidio kersama antara Pt Radio Swara Mas Mujahidin Madani lalu dilanjutkan penyuluhan kesehatan terkait “Peningkatan Kesadaran Masyarakat Mengenai Imunisasi” yang disampaikan oleh Ratna Mahasiswa Profesi Ners Untan.

Baca: UNBK Matematika Dianggap Sulit, Bupati Mempawah Imbau Siswa Selalu Fokus

Baca: Real Count KPU Pilpres 2019 Terbaru 23 April Jam 15.30 WIB di Kalbar! Suara Jokowi Salip Prabowo

Penyuluhan kesehatan dibagi dalam 3 sesi yaitu pemaparan materi, diskusi/tanya jawab dan ditutup dengan evaluasi serta pembagian hadiah pada peserta penanya dan peserta yang menjawab pertanyaan evaluasi serta pemenang undian dan hadiah diberikan oleh ketua/anggota kader serta Bidan. 

Penyuluhan kesehatan ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan terutama mengetahui tentang manfaat Posyandu Balita.

Setelah itu acara terakhir ditutup dengan doa bersama dan foto bersama yang diikuti oleh Peserta, Petugas Kesehatan dan Mahasisw/i Profesi Ners Untan.

Secara garis besar, peserta Posyandu Balita tampak sangat antusias dan aktif dalam memberikan tanggapan maupun menjawab pertanyaan yang diberikan dalam pelaksanaan Posyandu Balita untuk mencapai mufakat demi terlaksananya program-program kerja yang akan dilaksanakan di Desa Punggur Kapuas. 

Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh para kader Posyandu Balita dan mereka memberikan makanan tambahan Balita kepada peserta Posyandu Balita yang hadir.

Baca: VIDEO: Pengamanan Selama Proses Rekapitulasi Suara di Ketapang, Ini Penjelasan Kapolres

Hal ini juga disambut meriah oleh warga dan salah satu warga mengatakan bahwa harapan kedepannya dengan adanya kegiatan ini seluruh masyakat bisa bertambah pengetahuan tentang manfaat dan pentingnya Posyandu Balita

Dan diakhiri dengan rancangan program kerja kesehatan yang telah disepakati antara lain mengenai komunitas masyarakat, kesehatan kerja, dan kesehatan sekolah yang tentunya bekerjasama dengan lintas sektor maupun lintas program.

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved