Pemilu 2019

VIDEO: Klarifikasi KPU Pontianak Bantah Dugaan Pemindahan Kotak Suara

Deni Nuliadi mengklarifikasi adanya dugaan pemindahan kotak suara di PPK Pontianak Barat yang viral di media sosial

VIDEO: Klarifikasi KPU Pontianak Bantah Dugaan Pemindahan Kotak Suara

PONTIANAK - Ketua KPU Pontianak, Deni Nuliadi mengklarifikasi adanya dugaan pemindahan kotak suara di PPK Pontianak Barat yang viral di media sosial.

Berikut klarifikasinya.

Asalamualaikum Wr Wb
Saya Deni Nuliadi Ketua KPU Kota Pontianak yang didampingi Ketua Bawaslu Kota Pontianak dan PPK Pontianak Barat mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kota Pontianak dan aparat keamanan khususnya TNI dan Polri yang telah mensukseskan Pemilu 2019.

Pada kesempatan ini kami ingin mengklarifikasi terkait berita pemindahan kotak suara yang terjadi di lokasi rekapitulasi penghitungan suara di PPK Pontianak Barat.

Baca: Sultan Pontianak Tuding KPU Kalbar dan Kota Pontianak Curang, Sebut 90 Surat Suara Tercoblos 01

Baca: Hasil Pilpres 2019 Terbaru KPU Hari Ini Senin (22/4/2019): Suara Prabowo-Sandiaga Uno Capai 10 Juta

Baca: Hasil Pilpres 2019 Terbaru KPU Hari Ini Senin (22/4/2019): Suara Prabowo-Sandiaga Uno Capai 10 Juta

Bahwa yang terjadi adalah PPK Pontianak Barat akan melakukan rapat pleno rekapitulasi dengan sistem paralel empat kelompok.

Maka, PPK Pontianak Barat memindahkan kotak suara dari satu titik ke tiga titik lainnya agar pada saat rapat pleno memudahkan tugas PPK dan PPS. Dan itupun disepakati bersama saksi serta pengawas pada saat rapat pleno sebelumnya.

Adapun berita yang beredar bahwa diantara segel kotak suara yang rusak dikarenakan pada saat PPS di TPS terdapat keterbatasan ketersediaan segel sehingga segel yang tertempel pada kunci kotak suara yang rusak tidak ada penggantinya.

Namun yakinlah, logistik pemilu hasil pemungutan dan penghitungan suara didalam kotak suara tersebut terjaga keutuhannya karena selama proses rekapitulasi di PPK Pontianak Barat, seluruh areal penyimpanan logistik pemilu dalam kondisi aman dan dijaga ketat oleh aparat keamanan khususnya jajaran TNI-Polri.

Akhirnya, kami mengajak pada seluruh komponen masyarakat Kota Pontianak untuk ikut berperan aktif mensukseskan proses rekapitulasi penghitungan suara diseluruh PPK Se-Kota Pontianak dan sampai dengan akhir ditingkat KPU Kota Pontianak.

Akhir kata, Wabillahi Taufiq wal Hidayah, Asalamualaikum Wr.Wb.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved