Kabar Duka Pemilu 2019 Bertambah, Diduga Kelelahan, Staff Panwascam di Pontianak Meninggal Dunia

almarhumah punya riwayat sakit, terlebih disaat kondisi-kondisi yang memang belum fit tetap bekerja, dan dipaksakan di kondisi yang kurang sehat

Kabar Duka Pemilu 2019 Bertambah, Diduga Kelelahan, Staff Panwascam di Pontianak Meninggal Dunia
ISTIMEWA
Ucapan Belangsukawa atas wafatnya staff Panwascam di Pontianak. 

Kabar Duka Pemilu 2019 Bertambah, Diduga Kelelahan, Staff Panwascam di Pontianak Meninggal Dunia

PONTIANAK - Kordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Kalbar, Syf Aryana Kaswamayana menungkapkan berpulangnya satu diantara staff Panwascam Pontianak Barat, Wulandari diduga karena kelelahan selain daripada memiliki riwayat penyakit tipes.

"Kita sangat luka mendalam, beliau meninggal dunia kemarin, memang sebelumnya sakit, staff juga tidak bisa kita kesampingkan bahwa pahlawan demokrasi, karenanya seluruh proses dan tahapan ditingkat kecamatan berjalan, luka mendalam tetap ada dikita, bentuk apresiasi, se-Indonesia juga sudah kita laporkan pada pimpinan," kata Aryana, Minggu (21/04/2019).

Baca: Kabar Duka Pemilu 2019, Mat Noor Meninggal Dunia Saat Laksanakan Tugas di Panwascam Jawai Selatan

Baca: Mat Noor Wafat Saat Jalankan Tugas Panwascam di Jawai, Ketua Bawaslu Sambas Sebut Pahlawan Demokrasi

Walaupun diakuinya, almarhumah punya riwayat sakit dari awal, terlebih disaat kondisi-kondisi yang memang belum fit tetap bekerja, dan dipaksakan dikondisi yang kurang sehat.

"Dari hasil informasi kemarin kebetulan saya takziah ke sana memang dalam waktu beberapa bulan lalu Almarhumah kondisinya kurang sehat, masuk rumah sakit, kemudian sehat masuk kantor, mungkin dengan intensitas pekerjaan yang tidak habisnya, sangat memungkinkan yang kemarin kambuh lagi sakitnya, tipes akut," bebernya.

"Kebetulankan suami Almarhumah staff di Bawaslu Pontianak, jadi memang kondisi istrinya sakit, sempat sakit lama. Informasi dari keluarga beliau memang sudah sakit dalam beberapa bulan terakhir," timpalnya.

Baca: Ada Dugaan Politik Uang di Singkup, Bawaslu Masih Tunggu Laporan dari Panwascam

Baca: Bawaslu Sintang Imbau Panwascam Tetap Pengawasan Melekat Saat Pleno di PPK

Menurutnya, tenaga para Bawaslu dan jajaran memang agak terporsir ekstra tenaga dimasa tenang ketika mengadakan patroli pengawasan. 

Ditambahlagi, kata dia, tekanan kerja, intruksi datang diakhir kadang-kadang, dan bekerja dibawah tekanan juga jadi faktor tingkat stres meningkat.

Sedangkan dibeberapa daerah, diterangkan Aryana ada beberapa jajaran staff meninggal dunia, di Jawai dampak dari kelelahan, di Sintang meninggal akibat melahirkan karena ditanggal 16 April memang sudah sakit dan iuga faktor kelelahan.

Maka dari itu, Aryana mengimbau agar staff maupun jajaran pengawas pemilu dapat membagi waktu dengan sebaik mungkin agar tidak ada hal yang tidak diinginkan.

"Kita juga mengimbau pada Bawaslu untuk membagi pekerjaan dan dibuat piket agar ada jeda untuk istirahat, makanya perlu kerjasama untuk menghindari hal-hal yang terjadi untuk ini," katanya. (dho)
 

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved