Caleg di Sekadau Tersandung Dugaan 4 Kasus Money Politic, Terancam Pembatalan Caleg.

Nantinya menurut dia jika memang kasus money politik ini memang memenuhi unsur pidana akan dilimpahkan ke pihak kepolisian.

Caleg di Sekadau Tersandung Dugaan 4 Kasus Money Politic, Terancam Pembatalan Caleg.
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Bawaslu Melawi Memeriksa Kantong Kresek Untuk Money Politik Capai Rp 80 juta 

Caleg di Sekadau Tersandung Dugaan 4 Kasus Money Politik, Terancam Pembatalan Caleg.

SEKADAU - Pembahasan terkait 4 kasus pelanggaran money politik di Sekadau oleh Sentra Gakumdu Sekadau harus ditunda, dimana sesuai jadwal pembahasan tersebut akan dilaksanakan pukul 14.00 WIB, Jumat (19/4).

Namun menurut Komisioner Bawasalu Sekadau, Al Aminuddin hal tersebut masih dapat ditunda dengan tetap akan segera dilaksanakan.

"Pembahasan akan tetap kami lakukan secepatnya, tadi ditunda karena dari pihak kejaksaan masih ada kegiatan lain sehingga berhalangan hadir. Untuk masa penanganan pelanggaran ini 2X7 Hari kerja," ujar Aminuddin, Jumat (19/4)

Baca: Bawaslu Singkawang Belum Temukan Pelanggaran Money Politic

Baca: Bawaslu Sintang Belum Temukan Langsung Pelanggaran Money Politik di Lapangan

Pada pembahasan pertama diakuinya akan dibahas mengenai syarat materil dan jenis pelanggaran.

Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan saksi-saksi untuk pemeriksaan penanganan pelanggaran.

"Untuk saat ini sudah ada beberapa bukti, satu pelanggaran bajakan ada lampiran kartu namanya. Nanti ini akan kita proses sesuai tahapannya," katanya

Nantinya menurut dia jika memang kasus money politic ini memang memenuhi unsur pidana akan dilimpahkan ke pihak kepolisian.

"Ini masih bagaimana hasil dari pembahasan jika memang memenuhi unsur pidananya akan dilanjutkan ke pihak kepolisian untuk kemudian dilakukan penyidikan," lanjutnya

Ia juga mengatakan jika memang nantinya keputusan pengadilan dan telah inkracht maka bawaslu dapat merekomendasikan pembatalan caleg yang bermasalah tersebut.

Baca: Kades di Ketapang Diduga Lakukan Money Politic

"Kalau memang keputusan pengadilan sudah keluar dan inkracht serta caleg tersebut ternyata sebagai pihak pemenang dalam pemilu maka Bawasalu dapat merekomendasikan untuk pembatalannya sebagai caleg terpilih," pungkasnya. (ian)

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved