Disdukcapil Kapuas Hulu Intensif Pelayanan Jemput Bola

Usmandi menyatakan, kalau pihaknya terus mengintensifkan pelayanan (Adminduk) dengan sistem 'jemput bola'

Disdukcapil Kapuas Hulu Intensif Pelayanan Jemput Bola
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / SAHIRUL HAKIM
Kadisdukcapil Kapuas Hulu, Usmandi. 

Disdukcapil Kapuas Hulu Intensif Pelayanan Jemput Bola

KAPUAS HULU - Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas Hulu Usmandi menyatakan, kalau pihaknya terus mengintensifkan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) dengan sistem 'jemput bola'.

"Sistem 'jemput bola' tersebut adalah pelayanan langsung di Kecamatan dengan menerjunkan petugas berikut perangkat-perangkat pendukung pendataan Adminduk online maupun offline," ujarnya kepada wartawan, Kamis (18/4/2019).

Saat ini jelas Usmandi, Disdukcapil Kabupaten Kapuas Hulu, fokus pelayanan untuk mengedepankan sistem jemput bola. Sehingga masyarakat tidak perlu sulit-sulit harus datang ke Putussibau. "Fokusnya memang kami yang turun ke Kecamatan, supaya warga tidak sulit-sulit lagi bolak-balik ke Putussibau. Sebab biayannya besar, selain memakan waktu dan tenaga," ucapnya.

Baca: BEREDAR Isu Mario Gomez Bajak Pemain Persib Bandung, Ini Klarifikasi Pelatih Anyar Borneo FC

Baca: Hasil Quick Count Litbang Kompas, Tujuh Partai Terancam Gagal Ke Senayan! Ada Hanura, PSI & Perindo

Baca: Gagal Diversi, Kejaksaan Limpahkan Kasus Audrey ke Pengadilan Negeri Pontianak

Sepekan terakhir sudah ada beberapa Desa yang disusur tim Dukcapil. Diantaranya Desa Mubung, Mentawit, Hulu Gurung. Ada 11 orang dalam tim tersebut, yang dipimpin langsung Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) dan Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk. "Selain itu, ada juga tim yang saya pimpin melakukan pelayanan adminduk di Embaloh Hilir dan Batang Lupar. Lokasi-lokasi itu perlu jemput bola dan kami usahakan pelayanan maksimal," jelasnya

Usmandi menjelaskan, dalam pelayanan sistem jeput bola ini, layanan mencakup perekaman KTP Elektronik, pembuatan dan penerbitan akta catatan sipil, perubahan elemen data, cetak kartu keluarga dan pemutahirannya, termasuk cetak Kartu Identitas Anak (KIA). "Semua layanan adminduk yang kami lakukan itu gratis," ucapnya.

Saat ini, untuk perekaman KTP Elektronik sudah diatas 100 persen. Pencetakan KTP Elektronik pada Tanggal 23 Februari 2019 juga sudah tuntas 100 persen. "Jadi untuk proses KTP Elektronik saat ini sudah bisa langsung cetak," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved