Bank Sampah Rumput Hias Pontianak Sudah Punya 70 Nasabah dan Brand Produk Sendiri

Ketua Bank Sampah Rumput Hias Pontianak, Muhayati mengatakan sudah ada sekita 70 nasabah bank sampah Rumput Hias yang rutin

Bank Sampah Rumput Hias Pontianak Sudah Punya 70 Nasabah dan Brand Produk Sendiri
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Foto Muhayati ketua Bank Sampah Rumput Hias Pontianak, Sutimah sebagai pengurus, Uswatun Hasanah selaku sekretaris, dan Audina Meuziah Rahmi yang merupakan anggota Bank Sampa Rumput Hias usai mencoblos di TPS 106, selasa (17/4/2019). 

Bank Sampah Rumput Hias Pontianak Sudah Punya 70 Nasabah dan Brand Produk Sendiri

PONTIANAK - Ketua Bank Sampah Rumput Hias Pontianak, Muhayati mengatakan sudah ada sekita 70 nasabah bank sampah Rumput Hias yang rutin menabung, bersedekah setiap bulannya dengan menjual sampah yang sudah terpilah.

Muhayati juga mengatakan baru-baru ini mereka sudah melaksanakan kerjasama dengan beberapa instansi pemerintahan dan meneruskan program pemkot yaitu Kebijakan Strategi Daerah (Jakrasda).

"Dimana setiap kantor harus melakukan penyetoran sampah terpilah kepada kami," ujarnya kepada Tribun Pontianak usai mengikuti pesta demokrasi, rabu (17/4/2019).

Bank Sampah Rumput Hias juga sudah mempunyai produk bahkan brand sendiri yang sudah di daftarkan di Hak Kekayaan Intelektual Indonesia (HAKI) seperti kalung dari percak sisa, dan brandnya bernamanya Morehandicraft yang sudah didaftarkan hak paten di HAKI.

Biasanya kelompok Bank Sampah Rumput Hias yang beranggotakan 10 orang ini membuat kerajinan tas yang unik.

"Lamanya proses pembuatan tas tergantung model dan ukuran, semakin besar ukuran semakin lama dan untuk sejauh ini sudah ada produk yang dijual dan ikut berbagai pameran dan dibantu juga dari balai koperasi dan UMMK Kalbar, serta Dinas Lingkungan Hidup membantu memfasilitasi untuk memasarkan produk.

Baca: Laka Tunggal, Ketua DPC PDIP Meninggal Dunia

Baca: Omesh Lama Menghilang Karena Sakit Parah Hingga Dikabarkan Meninggal, Instagramnya Banjir Doa

Baca: Terkait Emansipasi, Wanita Juga Ingin di Dengar Aspirasinya

Baca: PREDIKSI Napoli vs Arsenal Leg 2 Perempat Final Liga Europa, Menanti Tuah Ancelotti di Kancah Eropa

"Bahkan di Dinas lingkungan hidup kota Pontianak hampir 100 persen pegawainya menggunakan produk daur ulang dari kami," ujarnya.

Komuntias Bank Sampah Rumput Hias sudah berdiri selama satu tahun sudah banyak nasabah yang tiap bulannya menyetorkan samlah dsn ditukarkan dengan uang, bahkan ada yang disedekahkan.

"Sebagian sampah yang disetorkan nasabah sebagian kami jual dan sebagin di olah menjadi kerajinan," ucapnya.

Halaman
123
Penulis: Anggita Putri
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved