Pemilu 2019

Wow! Hoaks Tahun 2019 Mencapai 25 Kasus, Kapolda: Patroli Cyber Terus Pantau Penyebar Hate Speech

bersikap kritis terhadap informasi yang diterima. Langkah mencegah hoaks juga melalui rumus 4C yakni Cek, Ricek, Kroscek dan Final Cek

TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Tatap muka Kapolda Kalbar bersama awak media di Mapolda Kalimantan Barat, Jalan Ahmad Yani, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (10/4/2019) siang. Kapolda berharap dapat menciptakan sinergitas antara Polda Kalbar dan awak media dalam rangka menciptakan Pemilu 2019 yang aman dan damai. 

Wow! Hoaks Tahun 2019 Mencapai 25 Kasus, Kapolda: Patroli Cyber Terus Pantau Penyebar Hate Speech

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono memaparkan berita hoaks pada umumnya punya tujuan negatif, tidak ada untuk hal positif.

Hal ini diungkapkannya pada kegiatan nongkrong anti hoax yang digelar Hoax Crisis Centre (HCC) Kalbar, pada Selasa (16/4) kemarin.

Tujuan hoaks adalah untuk mengacaukan situasi, membuat seseorang terhina, terkucilkan, pencemaran nama baik, fitnah dan SARA.

“Dampak hoaks paling parah adalah dapat berdampak ke hal negatif terkait keamanan negara. Kita harus samakan persepsi terkait upaya melawan hoaks,” timpal dia.

Baca: Komisioner Bawaslu Kalbar Geram Maraknya Hoaks yang Sebut Pemilu Gagal

Baca: (HOAKS) Prabowo-Sandi Unggul di Penghitungan Sementara Luar Negeri

Berdasarkan catatan Polda Kalbar, umumnya hoaks paling banyak masalah sosial politik yang presentasenya hampir 91,8 persen.

Untuk mengetahui mana informasi hoaks atau tidak, maka diperlukan kecerdasan memilah informasi mana yang baik atau tidak.

92,4 persen hoaks disebarkan melalui sarana media sosial. Mayoritas berbentuk tulisan dan gambar.

“Polda Kalbar telah banyak menindak para pelaku pembuat dan penyebar hoaks yang melanggar Undang-Undang (UU) ITE. Tahun 2018, ada sekitar 20 kasus diproses. Tahun 2019, ada 25 kasus,” imbuhnya.

UU ITE sebagai instrumen hukum untuk menjerat pembuat dan penyebar hoaks serta ujaran kebencian.

Halaman
12
Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Rihard Nelson Silaban
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved