Pemilu 2019

KPU Targetkan Penghitungan Suara di KPPS Selesai Pukul 00.00 WIB

Divisi Teknis KPU Kalbar, Erwin Irawan menargetkan jika pihaknya menargetkan penghitungan suara akan selesai si KPPS pada pukul 00.00 WIB

KPU Targetkan Penghitungan Suara di KPPS Selesai Pukul 00.00 WIB
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIDHO PANJI PRADANA
Divisi teknis KPU Kalbar, Erwin Irawan 

KPU Targetkan Penghitungan Suara di KPPS Selesai Pukul 00.00 WIB

PONTIANAK - Divisi Teknis KPU Kalbar, Erwin Irawan menargetkan jika pihaknya menargetkan penghitungan suara akan selesai si KPPS pada pukul 00.00 WIB walaupun ada putusan MK yang memperpanjang waktu penghitungan 12 jam setelah hari H.

"Untuk pemungutan dan penghitungan suara, setelah ada PKPU baru berkenaan dengan putusan MK adanya penambahan 12 jam, kalau peraturan kemarin pemungutan dan penghitungan suara untuk menghitung di teli sampai dengan pukul 00.00 WIB, dengan surat edaran berdasarkan putusan MK perhitungan ditingkat KPPS ditambah 12 jam, selesai tidak selesai pada pukul 12.00 WIB pada penghitungannya, ini saya pikir mempermudah memberikan rentang waktu kepada KPPS," kata Erwin, Selasa (16/04/2019).

Dengan tambahan waktu 12 jam, Erwin pun mengharapkan pekerjaan KPPS dilapangan sudah clear, termasuk dengan ada penambahan waktu rekapitulasi ditingkat PPK dari 10 hari menjadi 17 hari.

"Ini memberikan ruang kerja yang cukup bagi PPK yang memang didaerah wilayah TPSnya ada yang sampai 400-500 TPS. Dengan ini, waktu yang maksimal saya pikir bisalah untuk menyelesaikan penghitungan ditingkat KPPS," katanya.

Baca: Tetap Tunggu Pleno KPU, TKD Enggan Berspekulatif Hasil Quick Count dan Exit Poll

Baca: RAMALAN ZODIAK Kesehatan Selasa 16 April 2019, Jaga Energimu Libra, Atur Prioritasmu Sagitarius

Baca: Narji Curhat Soal Isu Keluar Dari Cagur Hingga Kesibukannya Lama Tak Terlihat di Televisi!

Erwin pun menerangkan, hasil evaluasi dan perhitungan pihaknya, penghitungan surat suara akan selesai pada pukul 00.00 WIB di KPPS.

"Hasil evaluasi kami dibeberapa daerah, teli itu kalau normal selesai paling lambat pukul 00.00 WIB, ditambah dengan 12 jam putusan MK saya pikir selesailah," katanya.

Menurut Erwin, yang memerlukan waktu lama ialah menyalin salinan untuk ke saksi peserta pemilu, termasuk PTPS, KPU, dan PPK.

Walaupun, lanjut mantan Komisioner KPU Singkawang ini, dipermudah dan diperbolehkan menggunakan teknologi kecuali hologram tidak boleh difotocopy.

"Hasil tulis tangan itu akan dicopy atau discan menggunakan IT, setelah dicopy baru ditandatangan cap basah, salinan itulah yang diberikan ke saksi di TPS," katanya.

Lebih lanjut, untuk C1 plano yang dilaporkan ke KPU RI untuk menjadi real count diwebsite KPU RI, kata dia, dikirim dari KPU Kabupaten Kota sembari menunggu hasil dari rekapitulasi secara manual dari KPPS ke KPU RI.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved