Urus Kehilangan E-KTP di Disdukcapil, Turi: Identitas Kependudukan Penting

Bagi saya E-KTP ini penting, kalau tidak ada E-KTP ini takutnya dibilang orang pelarianlah, tidak ada tempat tinggal lah

Urus Kehilangan E-KTP di Disdukcapil, Turi: Identitas Kependudukan Penting
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ WAHIDIN
Suasana pelayanan dokumen kependudukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sintang, Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Senin (15/4/2019) pagi. 

Urus Kehilangan E-KTP di Disdukcapil, Turi: Identitas Kependudukan Penting

SINTANG - Satu di antara Kelurahan Mengkurai, Kabupaten Sintang, Turi mengurus kembali KTP elektronik (E-KTP) yang hilang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sintang, Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Senin (15/4/2019) pagi. 

"Tadi barusan ngurus E-KTP yang hilang, jadi harus buat ulang. Syaratnya tadi cuma bawa kartu keluarga (KK) sama surat pengantar dari Lurah. Tidak perlu rekam ulang, karena kan sebelumnya sudah perekaman," jelasnya. 

Menurutnya kepemimpinan E-KTP memang sangat penting, apalagi dirinya memang warga transmigrasi yang sudah berubah status Kependudukan menjadi warga Sintang. Dirinya harus menunggu tiga hari hingga E-KTP dicetak. 

Baca: Jelang Pemilu 2019, PBNU Imbau Masyarakat Tak Golput

Baca: Riski: KPU Harus Antisipasi Keterlambatan Sampai TPS

"Katanya suruh nunggu tiga hari, baru balik lagi ke sini. Bagi saya E-KTP ini penting, kalau tidak ada E-KTP ini takutnya dibilang orang pelarianlah, tidak ada tempat tinggal lah. Jadi sangat dibutuhkan identitas kependudukan ini," katanya. 

Apalagi jika bepergian jauh, menurutnya E-KTP juga menjadi kartu identitas darimana kita berasal. Sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, atau ada hal-hal yang tidak terduga orang lain mengetahui darimana kita berasal. 

Penulis: Wahidin
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved