5000 Pelajar Tingkat Sekolah Dasar di Kapuas Hulu Akan Ikut Ujian Nasional

Petrus Kusnadi menyatakan, USBN tingkat SD akan diikuti sebanyak 5.000 pelajar dari 75 sekolah penyelenggara, di 23 sub rayon

5000 Pelajar Tingkat Sekolah Dasar di Kapuas Hulu Akan Ikut Ujian Nasional
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Ilustrasi - Siswa siswi  SMK Negeri 1 Pontianak saat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Negeri 1 Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (25/3/2019) pagi. Total jumlah peserta yang mengikuti UNBK di SMK Negeri 1 Pontianak berjumlah 371 siswa. 355 merupakan siswa SMK Negeri 1 Pontinak dan 16 siswa merupakan SMK Ethika Pontianak. 

5000 Pelajar Tingkat Sekolah Dasar di Kapuas Hulu Akan Ikut Ujian Nasional

KAPUAS HULU - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu Petrus Kusnadi menyatakan, USBN tingkat SD akan diikuti sebanyak 5.000 pelajar dari 75 sekolah penyelenggara, di 23 sub rayon, yang akan dilaksanakan pada tanggal 22-25 April 2019.

"Untuk tingkat SMP diikuti sebanyak 4.388 siswa terdiri atas 2.332 peserta ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dan 2.056 siswa yang mengikuti Ujian nasional kertas pensil (UNKP)," ujarnya kepada wartawan, Senin (15/4/2019).

Petrus menjelaskan, untuk UN SD dan SMP diselenggarakan secara bersamaan karena memang pada bulan Mei sudah masuk bulan puasa Ramadhan. "Dari sebanyak 116 sekolah tingkat SMP/MTS (madrasah tsanawiyah) yang mengikuti UN, 76 di antaranya belum bisa melaksanakan UNBK," ucapnya.

Baca: Kalbar 24 Jam - Jejak Kasus Audrey, Bupati Mempawah Dilantik, hingga Peredaran Narkoba dari Laut

Baca: Usai Dilantik Sebagai Sekda KKR, Yusran Segera Lakukan Rekrutmen Open Bidding Beberapa Posisi

Baca: Surat Suara Abu-abu Pilih Presiden, Warna Kuning DPR RI, Merah DPD, Biru untuk DPRD Provinsi

Menurutnya, di Kapuas Hulu memang belum semuanya bisa melaksanakan UNBK, karena beberapa faktor, di antaranya sarana dan prasarana komputer kemudian terkait sinyal. "Namun dari tahun ke tahun kita terus berupaya meningkatkan sekolah yang dapat melaksanakan UNBK," ujarnya.

Dimana masing-masing sekolah sedang mempersiapkan diri, baik itu yang akan melaksanakan UNBK maupun UNKP. "Kita berharap pelaksanaan ujian nasional itu nantinya dapat berjalan lancar, terutama untuk sinyal dan jaringan," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved