Dinas Pertanian Kubu Raya Terus Kawal Para Petani Tingkatkan Produktivitas

komoditi yang dikembangkan dalam areal demplot kawasan agropolitan di Desa Rasau Jaya II tersebut adalah jagung.

Dinas Pertanian Kubu Raya Terus Kawal Para Petani Tingkatkan Produktivitas
TRIBUNPONTIANAK/Rivaldi Ade Musliadi
Kegiatan Penyerahan benih demplot kawasan perdesaan agropolitan Rasau Jaya. 

Dinas Pertanian Terus Kawal Para Petani Tingkatkan Produktivitas

KUBURAYA - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kubu Raya mengatakan pihaknya akan mengawal para petani Kubu Raya dalam upaya meningkatkan produktifitas pertanian.

Dengan memberikan pendampingan oleh para penyuluh pertanian, sehingga para petani di Kubu Raya juga akan terus mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan dan pemanfaatan tekhnologi pertanian yang terus berkembang. Yang akan disesuaikan dengan kultur dan budaya masyarakat setempat.

Ia mengatakan, komoditi yang dikembangkan dalam areal demplot kawasan agropolitan di Desa Rasau Jaya II tersebut adalah jagung. Dimana jagung, juga akan menghasilkan berbagai hasil olahan dalam bentuk pangan, mulai dari susu jagung, tepung jagung (tapioca) dan lain-lain. Disamping itu, juga dapat dimanfaatkan menjadi pakan ternak, batang dan daunnya dapat digunakan untuk pakan sapi.

Baca: Fitnah Terhadap Ustadz Abdul Somad Muncul Pasca UAS Bertemu Prabowo, Sudah Disiapkan Secara Matang?

Baca: Dirjen Tata Ruang Apresiasi Komitmen Sambas Bahas Rencana Detail Tata Ruang

Baca: Atbah Hadiri Rakor Lintas Sektor Pembahasan Rencana Detail Tata Ruang Kota Sambas

“Kita akan kawal para petani kita, melalui penyuluh pertanian yang kita miliki. Ini kita lakukan agar para petani kita terus menambah ilmu pengetahuan dan penerapan tekhnologi pertanian modern secara perlahan kita sampaikan dan kita damping penggunaannya. Supaya hasil produksi kita terus meningkat sedangkan biaya operasional dapat ditekan atau menurun,” ujar Gandhi.

Sementara itu, Camat Kecamatan Rasau Jaya Suhartono menilai, pihaknya akan terus mendukung dan membangun komunikasi dan koordinasi dengan para petani bersama dengan pemerintah Desa dan BUMDes yang ada untuk mengoptimalkan dan mendorong peningkatan produksi pangan terutama jagung di Rasau Jaya.

“Alhamdulillah, kawasan Agropolitan ini akan terus dikembangkan dengan berbagai kegiatan pertanian dan peternakan dlaam satu kawasan. Sehingga kita harapkan ini, nantinya akan menjadi daerah maju dan menjadi tujuan wisata agro di sini. Kita akan terus melakukan pendampingan dan pembinaan bersama-sama dengan teman-teman dan Pemerintah Desa yang tergabung dalam BUMDes bersama Rasau Raya,” tukas Suhartono.

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved