Audrey Pontianak - Kuasa Hukum Rekomendasi Dari Balai Pemasyarakatan Sanksi Sosial Selama 3 bulan

Gagal upaya diversi dalam kasus penganiayaan Siswi SMP yang dilakukan oleh pihak korban dan pelaku yang diwakili oleh masing-masing

Audrey Pontianak - Kuasa Hukum Rekomendasi Dari Balai Pemasyarakatan Sanksi Sosial Selama 3 bulan
TRIBUNPONTIANAK/Hadi Sudirmansyah
Kuasa hukum tersangka Deni Amirudin dan Kuasa Hukum korban H Daniel Edward Tangkau saat berjabat tangan ketika di lakukan upaya Diversi di Mapolresta Pontianak pada Kamis (11/4/2019) malam 

Audrey Pontianak - Kuasa Hukum Rekomendasi Dari Balai Pemasyarakatan Sanksi Sosial Selama 3 bulan

PONTIANAK - Gagal upaya diversi dalam kasus penganiayaan Siswi SMP yang dilakukan oleh pihak korban dan pelaku yang diwakili oleh masing-masing kuasa hukum, hingga berlanjut ke Proses Pengadilan.

Deni Amirudin Kuasa hukum tersangka menerangkan bahwa dari pihak litmas Bapas saat proses diversi merekomendasikan agar ketiga tersangka dikenakan sanksi sosial berupa pelayanan masyarakat selama tiga bulan.

"Rekomendasi ini sudah dikaji oleh pihak litmas Bapas setidaknya kurang lebih dua hari belakangan. Selain karena sudah memenuhi syarat-syarat yang ada dalam amanah undang-undang perlindungan anak, rekomendasi ini juga dianjurkan mengingat ketiga tersangka menyesali atas perbuatan mereka," ujar Deni usai mengikuti upaya diversi di ruang posko zona integritas Polresta Pontianak Kota, Kamis (11/4).

Baca: Kenalkan Profesi Prajurit, Babinsa Ajak Anak-Anak Keliling Pakai Mobil Dinas

Baca: Usai #JusticeForAudrey, Tagar #AudreyJugaBersalah Kembali Trending Topik di Twitter, Terkait Visum?

Baca: Audrey Pontianak - Ketua KPPAD Kalbar Imbau Masyarakat Bedakan Antara Fakta & Hoax Kasus AU

Sebelumnya ia menjelaskan bahwa upaya diversi ini sebetulnya sudah diatur dalam undang-undang terutama pada tindak pidana yang melibatkan anak-anak. Bahkan upaya diversi ini wajib dilakukan oleh kedua belah pihak.

Namun, upaya diversi kata dia harus memenuhi syarat, yang pertama adalah ancaman pidana tidak boleh melebihi tujuh tahun. Yang kedua tindak pidana ini bentuknya bukan seperti perbuatan yang diulang-ulang.

Bagi dia, kasus yang menjerat para tersangka ini sudah memenuhi unsur-unsur syarat yang terdapat dalam undang-undang tersebut.

"Maka, Alhamdulillah penyedia bersama litmas Bapas melakukan diversi malam ini," ujarnya.

Lanjutnya, tetapi Deni menjelaskan upaya diversi bukan sebuah upaya untuk mendamaikan kedua belah pihak atau upaya untuk menggugurkan pidana terhadap pelaku namun lebih ke arah bagaimana penyelesaian tindak pidana anak di luar pengadilan atau persidangan.

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved