Muda Minta Masyarakat Jaga dan Lestarikan Sumber Daya Alam

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menyebut strategisnya Kubu Raya sebagai pintu gerbang Kalimantan Barat baik dari jalur udara, darat, dan laut.

Muda Minta Masyarakat Jaga dan Lestarikan Sumber Daya Alam
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIVALDI ADE MUSLIADI
Bupati Kubu Raya - Muda Mahendrawan 

Muda Minta Masyarakat Jaga dan Lestarikan Sumber Daya Alam

KUBU RAYA - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menyebut strategisnya Kubu Raya sebagai pintu gerbang Kalimantan Barat baik dari jalur udara, darat, dan laut.

Kubu Raya, kata dia, memiliki tiga muara yakni Kubu, Teluk Kapuas, dan Sungai Kakap sebagai pintu masuk Kalbar melalui perairan.

Hal itu menunjukkan bahwa potensi kelautan yang ada di Kubu Raya cukup besar untuk terus dikembangkan.

"Saya sependapat dengan Pak Daniel agar kita bisa melestarikan lingkungan namun tidak mengesampingkan hak dan kebutuhan masyarakat. Pemkab Kubu Raya berharap agar kita bisa tetap mengedepankan hak masyarakat dengan tetap menjaga sumber alam ini," ujarnya, Kamis (11/4).

Menurut Muda, melalui pemerintah desa pihaknya akan melakukan penguatan kepada masyarakat. Karena berbagai keputusan yang ada di pemerintah desa akan mempengaruhi tatanan sosial budaya dan kearifan lokal di tingkat desa.

Baca: Karina Maksimalkan Saksi dan Pemantau Pengamanan Suara

Baca: Berikut Ini Wilayah Kalbar Berpotensi Hujan Lebat

Baca: Klimatologi Mempawah: Kualitas Udara Kategori Baik

"Kubu Raya berharap banyak bisa menangkap berbagai peluang yang ada baik dari pemerintah pusat maupun dari sektor swasta untuk bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita khususnya di bidang kelautan ini," tambahnya.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan mengatakan, pihaknya sangat peduli pada isu konservasi hewan laut. Ia mengungkapkan harapan agar konservasi yang ada mampu menjaga kelestarian habitat laut, namun tidak menghilangkan hak-hak masyarakat atas laut.

“Diperlukan kesamaan persepsi antara aturan yang diberlakukan dengan kebutuhan masyarakat di lapangan, agar terjadi tolak-balik antara keseimbangan alam dengan mendorong kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved