Pilpres 2019

KPU Pastikan Penghitungan Suara di Luar Negeri Pada 17 April

Hasyim Asy'ari memastikan jika penghitungan suara hasil pemungutan akan dilaksanakan serentak di 17 April 2019

KPU Pastikan Penghitungan Suara di Luar Negeri Pada 17 April
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Penyuluhan peraturan Komisi Pemilihan Umum tahun 2019 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara, Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dan Penetapan Hasil serta Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi dan Penetapan Calon Terpilih dalam Pemilihan Umum di Hotel Mercure Pontianak, Selasa (12/3/2019) malam. Anggota KPU RI Hasyim Asyari datang langsung mensosialisasikan tiga peraturan baru KPU. TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI 

KPU Pastikan Penghitungan Suara di Luar Negeri Pada 17 April

PONTIANAK - Komisioner KPU RI, Hasyim Asy'ari memastikan jika penghitungan suara hasil pemungutan akan dilaksanakan serentak di 17 April 2019. Walaupun memang, diakuinya untuk pemungutan dilakukan pada 8-14 April 2019.

Diterangkannya, kegiatan pemungutan suara Pemilu 2019 di Luar Negeri dilaksanakan sebagaimana jadwal dalam SK KPU No 644/2019 yaitu early voting pada tanggal 8-14 April 2019.

Kegiatan pemungutan suara di Luar Negeri, kata dia, dilaksanakan dengan 3 metode, yakni memilih di TPSLN yang berada di kantor perwakilan RI (KBRI/KJRI/KDEI), kemudian memilih dengan Kotak Suara Keliling (KSK) yang bertempat di dekat pemukiman atau tempat kerja WNI dan metode pos.

"Kegiatan penghitungan suara pemilu di Luar Negeri dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 sesuai waktu setempat," katanya, Rabu (10/04/2019) sesuai rilis ke awak media.

Baca: Ellen Angelly Cristanti Raih IPK Sempurna dan Menjadi Lulusan Terbaik Untan Periode III

Baca: Terduga Pelaku Kasus Audrey Pontianak Tuntut Hacker Akun Instagramnya Minta Maaf

Baca: HASIL Liga Champion - Juventus, Barcelona, Liverpool & Tottenham di Atas Angin! Duo Manchester Rawan

Diungkapkannya, penghitungan perolehan suara pemilu Luar Negeri yang dilakukan PPLN dan KPPSLN baru dapat diketahui setelah proses penghitungan suara 17 April 2019 selesai.

Begitu jug hasil perolehan suara pemilu Luar Negeri (real count) baru dapat diketahui setelah proses penghitungan suara 17 April 2019 selesai.

"Bila sekarang ini beredar kabar tentang perolehan suara pemilu Luar Negeri, dapat dipastikan hasil tersebut bukan hasil resmi (real count) yang dilakukan oleh PPLN dan KPPSLN," katanya.

Diterangkannya pula, untuk pemungutan suara di Luar Negeri yanh telah dan sedang berjalan ialah sebagai berikut.

a. Senin 8 April 2019 di Sana'a.

b. Selasa 9 April 2019 di Panama City dan Quito.

c. Rabu 10 April 2019 di Bangkok dan Songkhla.

"Selain jadwal tersebut kegiatan pemungutan suara di Luar Negeri belum dilaksanakan. Dengan demikian terhadap kabar tentang perolehan suara pemilu di Luar Negeri yang beredar luas di masyarakat adalah kabar yang tidak dapat dipertanggungjawabkan," katanya.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved