Deteksi Dini Potensi Konflik Jelang Pemilu, Kominda Kubu Raya Gelar Koordinasi

Sinergi pemerintah daerah dengan Polri, TNI, dan instansi terkait lainnya sangat diperlukan sebagai langkah antisipasi dini jaga stabilitas nasional

Deteksi Dini Potensi Konflik Jelang Pemilu, Kominda Kubu Raya Gelar Koordinasi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIVALDI ADE MUSLIADI
Komunitas Intilejen Daerah (Kominda) kembali menggelar rapat koordinasi bersama Pemkab Kubu Raya, yang digelar di kantor bupati, Kamis (11/4). Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Kubu Raya, H. Tommy, mengatakan rapat digelar sebagai upaya menggalang informasi, pemantapan, dan membangun stabilitas wilayah menjelang pelaksanaan pemilihan umum eksekutif dan legislatif 17 April mendatang. 

Deteksi Dini Potensi Konflik Jelang Pemilu, Kominda Kubu Raya Gelar Koordinasi

KUBURAYA - Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) kembali menggelar rapat koordinasi bersama Pemkab Kubu Raya, yang digelar di kantor bupati, Kamis (11/4/2019).

Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Kubu Raya, H Tommy, mengatakan rapat digelar sebagai upaya menggalang informasi, pemantapan, dan membangun stabilitas wilayah menjelang pelaksanaan pemilihan umum eksekutif dan legislatif 17 April mendatang.

“Dengan peran aktif anggota Kominda Kabupaten Kubu Raya, kita harapkan dapat meningkatkan deteksi dini untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan konflik sosial,” ujarnya.

Baca: Curi Tepung Kratom, Warga Kubu Raya Diringkus Unit Reskrim Polsek Pontianak Kota

Baca: Bupati Muda Mahendrawan Usulkan Peralihan Status Jalan di Kubu Raya, Ini Alasannya

Tommy mengatakan sinergi pemerintah daerah dengan Polri, TNI, dan instansi terkait lainnya sangat diperlukan sebagai langkah antisipasi dini menjaga stabilitas nasional khususnya di Kabupaten Kubu Raya.

Ia menerangkan pada momen pemilu serentak eksekutif dan legislatif, akan terjadi peningkatan aktivitas masyarakat termasuk di Kubu Raya.

“Dengan adanya potensi kerawanan, aparat Polri, TNI, dan pemerintah daerah harus meningkatkan pengamanan semua titik konsentrasi masyarakat guna mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi pada momen tersebut,” tuturnya.

Informasi intelijen, kata Tommy, sangat penting dan dibutuhkan untuk langkah pencegahan pada potensi-potensi negatif yang dapat menimbulkan keresahan bahkan konflik di masyarakat.

Baca: Hari ini BMKG Pantau 25 Titik Panas di Kalbar, Kubu Raya Terbanyak

Baca: Pelantikan Pejabat Kubu Raya Tanpa Pemberitahuan, Dr Sukamto Nilai Aneh

Sehingga pengumpulan informasi intelijen harus dilakukan secara terus-menerus.

“Saya berharap seluruh anggota Kominda Kabupaten Kubu Raya dan pemangku kepentingan untuk saling bekerja sama dalam rangka pemantapan dan membangun stabilitas wilayah menyongsong pemilihan umum eksekutif dan legislatif serentak di Kabupaten Kubu Raya,” pungkasnya. (gam)

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved