Pemkot Singkawang Minta Hotel dan Restoran Untuk Lakukan Sertifikasi

Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang mengimbau agar pihak hotel dan restoran

Pemkot Singkawang Minta Hotel dan Restoran Untuk Lakukan Sertifikasi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/TRY JULIANSYAH
Kabid Pariwisata Disparpora Kota Singkawang, Supardiyana 

Pemkot Singkawang Minta Hotel dan Restoran Untuk Lakukan Sertifikasi

SINGKAWANG - Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang mengimbau agar pihak hotel dan restoran dapat melakukan sertifikasi baik hotel maupun karyawannya terutama tenaga ahli.

“Ada beberapa yang diwajibkan untuk sertifikasi, setiap usaha pariwisata itu baik usaha maupun Sumber Daya Manusianya dan itu ada 13 item,” kata Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang, Supardiyana, Rabu (10/4/2019).

Kota Singkawang saat ini yang sudah ada 36 hotel memang masih minim sertifikasi sehingga perlu upaya dinilai Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata (LSP).

Dimana LSP ditunjuk pemerintah untuk melakukan sertifikasi usaha ini. Dinas juga sudah melakukan sosialisasi terhadap para pengusaha, untuk mensertifikasikan usahanya atau sumber daya manusianya.

Baca: Ketua KPU Sanggau: Logisitik Kotak Suara dan Kelengkapanya Akan Didistribusikan Besok

Baca: Gelar Rakerda 1 DPD MABM Sintang Hasilkan 6 Rekomendasi Eksternal untuk Pemilu 2019

Baca: Forum Anak Kalbar Harap Dilibatkan Dalam Musrenbang Tingkat Provinsi

Supardiyana mengatakan dari tahun ke tahun baik dinas pariwisata maupun lembaga-lembaga swadaya atau kelompok pariwisata juga sudah melakukan uji kompetensi sertifikasi.

Sumber daya manusia di dalam tenaga hotel atau restoran memang harus disertifikasikan.

Mereka sebagai tenaga ahli memang harus bersertifikat, karena ini sudah menjadi acuan dasar dalam pengelolaan kepariwisataan.

"Di era saat ini sudah menjadi kewajiban dan tuntutan zaman bahwa kita sudah memasuki globalisasi 4.0 yaitu mulai dari tenaga manusia, hewan, mesin dan sekarang sumber daya manusianya," tuturnya.

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved