Pemerintah Ajak Generasi Muda Kapuas Hulu Pertahankan NKRI dan Pancasila

Asisten II Setda Kabupaten Kapuas Hulu, Bung Tomo, MM menyatakan semangat kebangsaan harus menjadi motivasi bagi setiap generasi muda

Pemerintah Ajak Generasi Muda Kapuas Hulu Pertahankan NKRI dan Pancasila
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SAHIRUL HAKIM
Staf Ahli Bupati Kapuas Hulu Bung Tomo saat mewakili Bupati Kapuas Hulu membuka acara kegiatan pengembangan multikulturalisme pada pelajar SMA sederajat di Kapuas Hulu, Selasa (2/4/2019). 

Pemerintah Ajak Generasi Muda Kapuas Hulu Pertahankan NKRI dan Pancasila

KAPUAS HULU - Asisten II Setda Kabupaten Kapuas Hulu, Bung Tomo, MM menyatakan semangat kebangsaan harus menjadi motivasi bagi setiap generasi muda, sehingg pemuda siap mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila adalah dasar Negara.

"Anak Bangsa harus dibentuk dan dimantapkan, agar generasi kita berani mati demi NKRI, sehingga tak mudah terprovokasi dengan isu yang menyesatkan," ujarnya kepada wartawan, Rabu (10/2019).

Menurutnya, satu-satunya cara untuk mewujudkan hal tersebut, adalah dengan peningkatan wawasan kebangsaan. Dengan tertanamnya wawasan kebangsaan itu, maka generasi muda dapat mewujudkan jiwa kebersamaan, toleransi dan patriotisme.

"Sangat penting pengembangan wawasan kebangsaan dan multikulturalisme, hal itu dapat meningkatkan kesetiakawanan dan kepedulian sesama," ucapnya.

Baca: AAUI Cabang Pontianak Gelar Workshop Keagenan

Baca: Syahrini Pakai Celana Sangat Ketat Saat Manggung, Netizen Gagal Fokus Lihat Perutnya!

Baca: Customs Visit Goverment: Bea Cukai Kunjungi Kantor Gurbernur Kalimantan Barat

Semangat berkorban dan kepedulian terhadap sesama dalam kepentingan yang lebih besar, itulah yang mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Semangat itu harus terus dipertahankan dan diarahkan untuk pembangunan. "Jiwa patriotik hendaknya jadi darah daging bagi kita semua," ujarnya.

Terkait wawasan kebangsaan saat ini, jelas Bung Tomo Indonesia masih dalam keadaan yang memprihatinkan. Untuk itu semua pihak terutama generasi muda harus sepakat untuk memantapkan semangat kebangsaan yang sudah longgar.

"Kita harus ingat sumpah pemuda yang merupakan embrio wawasan kebangsaan itu sendiri. Satu Nusa, satu Bangsa, satu bahasa Indonesia," ucapnya.

Bung Tomo menuturkan, tugas berat menanti para pemuda, yaitu menyambung perjuangan pahlawan dalam membangun Negara menjadi Negara yang maju, sejahtera dan tenteram damai.

"Termasuk mempertahankan kultur Bangsa. Jangan sampai kita terpengaruh budaya luar yang kemudian menghilangkan budaya asli kita," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved