Cara Pemkab Sambas Dorong Keterbukaan Informasi Publik

Jamaludin mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas saat ini memiliki nomor layanan aduan publik.

Cara Pemkab Sambas Dorong Keterbukaan Informasi Publik
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/M WAWAN GUNAWAN
Ketua PSSI Kabupaten Sambas, H Eko Suprihatino, Selasa (22/1/2019). 

Cara Pemkab Sambas Dorong Keterbukaan Informasi Publik

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sambas, H Darsono melalui Kabid Informasi Komunikasi Publik, Ilham Jamaludin mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas saat ini memiliki nomor layanan aduan publik.

Oleh karenanya, ia mengatakan nantinya masyarakat bisa memanfaatkan nomor tersebut untuk bertanya mengenai informasi, ataupun melaporkan terkait dengan adanya laporan masyarakat berkenaan dengan pelayanan publik di Sambas.

Menanggapi hal itu, Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Sambas Eko Suprihatino mengatakan itu sebuah terobosan untuk meningkatkan keterbukaan informasi.

"Ini bagus untuk kita, bisa mendorong keterbukaan informasi di Sambas," ujarnya, saat dihubungi Tribun, Minggu (7/4/2019).

Baca: Gelar Bimtek, Agoes: Persiapan Pada Penghitungan dan Pemungutan Surat Suara

Baca: Kapolsek Serawai Iptu MR Pardosi Saat Sambut Kedatangan Logistik Pemilu 2019

Baca: HMPS HES IAIN Pontianak Akan Gelar Event Islamic Law Competition 2019

Ia menuturkan, saat ini sudah banyak daerah yang melakukan terobosan-terobosan untuk meningkatkan kedisiplinan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Untuk itu, Sambas juga harus bisa seperti daerah lainnya, agar bisa semakin baik kedepannya.

"Banyak yang sudah mempraktikkannya, untuk itu kita juga bisa melakukannya. Kuncinya kita sama-sama komitmen untuk menampung seluruh masukan masyarakat dari nomor layanan tersebut," ungkapnya.

"Setelah ditampung, kita harus ditindaklanjuti apa yang menjadi laporan masyarakat. Misalnya ada laporan kalau pelayanan di instansi A Lambat. Kominfo harus sampaikan, bahwa ada keluhan masyarakat seperti ini (pelayanan), maka harus di perbaiki," tegasnya.

Dengan demikian kata Eko, Sambas akan bisa berbenah dan semakin baik kedepannya. Dengan partisipasi aktif masyarakat dan juga kepedulian terhadap masyarakat dari pemerintah.

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved