Pernikahan Anak di Bawah Umur melalui Pengiklanan Facebook Marak di Nigeria, Ini Motifnya

Para gadis itu kerap ditukarkan oleh orangtua mereka untuk melunasi utang atau bahkan ditukar dengan makanan, ternak, atau uang tunai.

Pernikahan Anak di Bawah Umur melalui Pengiklanan Facebook Marak di Nigeria, Ini Motifnya
Ilustrasi pernikahan. 

Pernikahan Anak di Bawah Umur melalui Pengiklanan Facebook Marak di Nigeria, Ini Motifnya 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Pernikahan anak-anak di bawah umur disebut masih banyak terjadi di Nigeria, dengan anak perempuan yang diiklankan di media sosial untuk dinikahkan demi melunasi utang.

Dilansir Daily Mail, komunitas Becheve di Obanliku, Nigeria, masih menganggap anak perempuan sebagai "barang berharga" yang bisa ditawarkan kepada pria yang ingin menikahi mereka.

Anak perempuan mulai dari usia 10 tahun dari komunitas tersebut kini banyak yang fotonya diunggah ke media sosial Facebook oleh orangtua mereka agar dapat dilihat oleh "calon" yang berminat.

Para gadis itu kerap ditukarkan oleh orangtua mereka untuk melunasi utang atau bahkan ditukar dengan makanan, ternak, atau uang tunai. Demikian diberitakan Daily Beast.

Baca: Wow! Jualan Indomie Bisa Bikin Kaya Raya, Pemuda Nigeria Ini Ungkap Resep Rahasianya

Baca: Tak Hanya Pabrik Indomie yang Ada di Nigeria, Sido Muncul Juga Telah Mendirikan Perusahaan di Sana!

Bahkan anak-anak perempuan itu disebut sebagai "perempuan uang" atau "istri uang".

Seorang perempuan, Monica, berbicara pada Daily Beast, bagaimana dia dan saudara perempuannya telah dijual oleh ayah mereka demi melunasi utang kepada kerabat jauh.

Dia berkata dirinya dan saudara perempuannya menikah hanya berselang satu bulan dengan pria yang tidak pernah mereka temui sebelumnya.

Pria itu juga jauh lebih tua dibandingkan dirinya.

"Ayah saya sebelumnya tidak tahu apa pun tentang Facebook, tapi kakak laki-laki saya membelikannya ponsel pintar dan mengenalkannya pada Facebook."

Halaman
12
Editor: Rizky Prabowo Rahino
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved