Suharso Perlu Pembinaan Pemerintah Bangun Mindset Bisnis Pengelola Bumdes

Pemprov Kalbar yang sangat konsen mendorong Pemkab di Kalbar untuk juga ikut membangun desa-desanya menjadi desa mandiri

Suharso Perlu Pembinaan Pemerintah Bangun Mindset Bisnis Pengelola Bumdes
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ FILE
Suharso. 

Suharso Perlu Pembinaan Pemerintah Bangun Mindset Bisnis Pengelola Bumdes

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya Dapil Kubu, Batu Ampar dan Terentang Suharso mengatakan masyarakat Kubu Raya yang tinggal di wilayah pesisir seperti Kubu, Batu Ampar, Terentang dan Teluk Pakedai memang dominan masyarakatnya menggantungkan hidup terhadap hasil tangkap di laut.

"Potensi terbesarnya adalah salah satunya merupakan hasil kelautan. Oleh karena itu kita sangat apresiasi dan mendukung rencana Gubernur Kalbar dan Pemkab KKR untuk mendorong terbentuknya Bumdes agar lebih inovatif," ujarnya.

Dirinya juga mengatakan pihaknya akan mencoba mengawal dari segi pemerintahan sesuai dari tupoksi yang melekat dari DPRD Kabupaten Kubu Raya.

"Termasuk di antaranya mendorong pembiayaan agar Bumdes yang sudah aktif dapat lebih terpacu untuk mengembangkan usahanya di desa," ujarnya.

Kendati demikian, menurut Suharso penting juga jadi perhatian bagi pemerintahan untuk intens membina SDM di desa yang dipercaya untuk mengelola Bumdes di Desa masing-masing, karena tidak semua di antara mereka paham dan mengerti tentang mengelola usaha hingga stabil berjalan.

Baca: BREAKING NEWS: Kebakaran di Kota Baru, Seorang Pria Lanjut Usia Tewas Terpanggang

Baca: Sekda Zakaria: Raih Predikat WTP Tidak Mudah

"Perlu pendampingan dari pemerintah daerah bagi pengelola Bumdes agar lebih inovatif. Bumdes itu sudah diatur oleh Perundang-Undangan, hal yang perlu di bangun adalah mindset bisnisnya melalui pelatihan atau pembinaan secara intens," ujarnya.

Muaranya tentunya setiap desa menginginkan untuk menuju desa mandiri. Menurutnya desa mandiri itu merupakan dambaan semua masyarakat.

Pemprov Kalbar yang sangat konsen mendorong Pemkab di Kalbar untuk juga ikut membangun desa-desanya menjadi desa mandiri, sehingga lembaga DPRD juga perlu mengawal kaitanya soal pembiayaan yang masuk ke desa itu harus tepat sasaran.

"Visi Gubernur itu juga harus sinergis drngan program pembangunan di Kabupaten. Jika sudah linear dan sinergis saya yakin target terwujudnya desa mandiri dari Pak Gubernur akan tercapai," pungkas Suharso.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved