Korbannya Ratusan Orang, Penipuan UMKM dan KUR Beromzet Puluhan Juta Terungkap

Setoran administrasi mereka bervariasi, ada yang Rp. 100 ribu bahkan lebih

Korbannya Ratusan Orang, Penipuan UMKM dan KUR Beromzet Puluhan Juta Terungkap
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ Ya'M NURUL ANSHORY
Tersangka kasus penipuan, Suryadi (44) saat diwawancara di sel tahanan Mapolsek Pontianak Barat, Jumat (5/4/2019). 

Korbannya Ratusan Orang, Penipuan UMKM dan KUR Beromzet Puluhan Juta Terungkap

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK -Seorang pria bernama Suryadi (44) diamankan oleh emak-emak yang merupakan nasabahnya, karena merasa ditipu.

Ia kemudian dilaporkan dan langsung ditahan di Mapolsek Pontianak Barat atas dugaan penipuan terhadap ratusan orang nasabah di wilayah Kecamatan Pontianak Barat.

Saat di wawancara di sel tahanan Polsek Pontianak Barat Suryadi menceritakan awalnya ia bertemu dengan sepupunya bernama Ferdi pada akhir Desember 2018 lalu.

Ferdi yang sudah lama tidak ditemuinya mengaku bekerja sebagai karyawan salah satu bank dan tiba-tiba menawarkan kerjasama menggiurkan kepadanya.

Baca: Suharso Perlu Pembinaan Pemerintah Bangun Mindset Bisnis Pengelola Bumdes

Baca: Enam Kali mendapat Predikat WTP, Leo Ingatkan Agar Kepala SKPD Sekadau tidak Terlena

Baca: Perempuan Pra Sejahtera Terbantu Program Pembiayaan PNM Mekaar

"Dia menyuruh saya mengumpulkan nasabah untuk kredit usaha rakyat (KUR) dan program dana UMKM, jika saya mendapatkan sepuluh orang nasabah dia janjikan komisi Rp. 300 ribu," ujarnya Jumat (5/4/2019).

Suryadi mengatakan dia sudah mendapatkan sekitar 10 kelompok yang sudah menyetor uang administrasi untuk program dana UMKM. Setiap kelompok kata dia, terdiri dari sepuluh orang.

"Setoran administrasi mereka bervariasi, ada yang Rp. 100 ribu bahkan lebih, biasanya yang dimintai lebih itu syaratnya tidak lengkap, itu tergantung Ferdi lagi," katanya.

Untuk syarat sendiri, Suryadi hanya diperintahkan oleh Ferdi meminta nasabahnya mengumpulkan fotocopy Kartu Keluarga, KTP dan Surat Nikah.

Selain program dana UMKM tadi, Ferdi juga memerintahkan Suryadi menyampaikan program KUR personal, dimana setiap orang dijanjikan akan menerima pencairan uang sebesar Rp. 25 juta.

Halaman
123
Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved