Prakiraan Cuaca

BMKG Perkirakan Kalbar 5 Hari ke Depan Alami Curah Hujan Rendah

Untuk waspada potensi mudahnya terjadi kebakaran hutan dan/atau lahan hingga 5 hari ke depan

BMKG Perkirakan Kalbar 5 Hari ke Depan Alami Curah Hujan Rendah
BMKG
Peringatan Dini BMKG 

BMKG Perkirakan Kalbar 5 Hari kedepan Alami Curah Hujan Rendah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Prov Kalbar merilis prakiraan potensi hujan untuk lima hari ke depan yang berdasarkan data pada 8 Stasiun Pengamatan cuaca di Kalbar, Jumat (5/4/2019)

Kepala Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak Erika Mardiyanti‎ menuturkan dalam sepekan atau 1 minggu terakhir curah hujan masih terjadi di sebagian besar wilayah Kalbar.

Namun Hujan intensitas sedang hingga lebat terjadi di wilayah Kalbar bagian tengah hingga timur seperti, Kabupaten Sanggau, Sekadau, Sintang, Melawi hingga Kapuas Hulu.

Kondisi sebaliknya, yaitu rendahnya curah hujan terjadi di sebagian pesisir Kalbar seperti Kab. Sambas, Kota Singkawang, Bengkayang, Mempawah, Kota Pontianak, Kubu Raya bagian barat hingga Kayong Utara.

Baca: KPU Pontianak Kembali Sortir Surat Suara yang Diduga Rusak, Jumlahnya Capai Ribuan

Baca: Maret 2019, BPBD Mempawah Catat 208,75 Hektare Hutan dan Lahan Terbakar

Namun untuk di Stasiun Meteorologi Paloh, Kab. Sambas saat ini sudah 7 hari tidak terjadi hujan, akan tetapi Diprakirakan hingga 5 hari ke depan sebagian besar wilayah Kalimantan Barat akan rendah potensi terjadinya hujan, terutama di Kalbar bagian barat seperti Kab. Sambas, Kab. Bengkayang, Kota Singkawang, Kab. Mempawah, Kota Pontianak, Kubu Raya, Kayong Utara, Landak hingga sebagian wilayah di Sanggau.

Kondisi ini dipengaruhi oleh adanya Pusat tekanan rendah di sebelah utara Australia, dimana adanya Pusat tekanan rendah ini membuat massa udara di Kalbar tertarik menuju Pusat tekanan rendah tersebut, sehingga hujan untuk sementara akan kecil peluang terjadinya di sebagian wilayah Kalbar.

Di wilayah Ketapang, Sekadau, Sintang hingga Kapuas Hulu diprakirakan masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Dengan adanya situasi ini, BMKG Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak menyampaikan beberapa imbauan pada masyarakat, yaitu :

• Untuk waspada potensi mudahnya terjadi kebakaran hutan dan/atau lahan hingga 5 hari ke depan.

Baca: KPU Diharap Tak Ambil Resiko Gunakan Surat Suara yang Diduga Rusak

• Waspada peningkatan suhu udara yang bisa membuat dehidrasi, disarankan masyarakat agar minum air putih secara cukup.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak membuka layanan informasi cuaca 24 jam dapat menghubungi melalui :

• call center 0561 - 721142 ;
• http://kalbar.bmkg.go.id;
• follow Twitter, Fanspage Facebook, Instagram @infoBMKGKalbar;
• atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved