Tersangkut Kabel Listrik, Seekor Elang Menyita Perhatian Warga Kampung

Elang tersebut diduga terbang dari kandang pemiliknya karena terdapat seutas tali yang sengaja diikat di bagian kaki kirinya.

Tersangkut Kabel Listrik, Seekor Elang Menyita Perhatian Warga Kampung
Firman Taufiqurrahman
Seekor elang brontok dievakuasi dari perkampungan warga di Kp Gunteng, Desa Bojong, Kec. Karangtengah, Kab. Cianjur, Jawa Barat, Kamis (4/4/2019) setelah tersangkut di kabel listrik 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, CIANJUR  – Seekor elang, yang merupakan satwa dilindungi tersangkut kabel listrik, Kamis (4/4/2019). Peristiwa itu menyita perhatian warga Kampung Gunteng, RT 004 RW 010 Desa Bojong, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur.

Elang tersebut diduga terbang dari kandang pemiliknya karena terdapat seutas tali yang sengaja diikat di bagian kaki kirinya.

Setelah berhasil dievakuasi sejumlah anggota kepolisian dibantu warga, elang tersebut dalam kondisi terpincang-pincang karena kaki sebelah kanan buntung.

Baca: TNI Polri Amankan Distribusi Logistik Pemilu ke Kecamatan Serawai dan Ambalau

Baca: Kacamata Asal Amerika Serikat Bisa Multifngsi, Layaknya Pisau Swiss Army

“Sepertinya elang peliharaan karena saat ditemukan ada ikatan tali di kakinya. Soal kakinya yang buntung sepertinya sudah lama karena tidak berdarah,” tutur Hasanan (39), seorang warga setempat kepada Kompas.com, Kamis (4/4/2019).

Evakuasi satwa yang dilindungi itu sendiri berlangsung cukup lama atau sekitar dua jam karena harus menunggu petugas berwenang datang ke lokasi.

PPNS Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Propinsi Jawa Barat Wilayah II Bogor, A Sudrajat mengatakan, telah menerjunkan petugas untuk mengevakuasi elang tersebut setelah mendapat laporan.

Baca: Tjhai Chui Mie Pastikan Proyek KPBU Bandara Singkawang Ikut Aturan Yang Berlaku

“Saya sudah berkordinasi dengan petugas di lapangan untuk terjun ke lokasi untuk mengamankannya. Informasi dari lapangan, elang sudah diamankan sementara di kantor Polsek Karangtengah, Cianjur,” kata Sudrajat.

Satwa dilindungi

Dari ciri-ciri yang disebutkan, Sudrajat menyatakan elang tersebut jenis brontok dan pastinya termasuk yang dilindungi.

Jika elang tersebut ternyata peliharaan sebagaimana informasi yang didapat di lapangan, pihaknya sangat menyayangkan, mengingat elang tersebut jelas merupakan satwa yang dilindungi.

Halaman
12
Editor: Jamadin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved