Pemilihan Rektor Untan

Prof Garuda Wiko Terpilih Jadi Rektor Untan, Kalahkan Prof Eddy Suratman di Pemilihan

Tampuk kepemimpinan Universitas Tanjungpura akan segera beralih dari Prof Thamrin Usman ke Prof Garuda Wiko.

Prof Garuda Wiko Terpilih Jadi Rektor Untan, Kalahkan Prof Eddy Suratman di Pemilihan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SYAHRONI
Dua kandidat yang bersaing ketat dalam pemilihan Rektor Untan, Garuda Wiko dam Eddy Suratman saat bersalaman setelah perhitungan suara yang memenangkan Garuda Wiko atas selisih 2 suara, Selasa (2/4/2019). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Tampuk kepemimpinan Universitas Tanjungpura akan segera beralih dari Prof Thamrin Usman ke Prof Garuda Wiko.

Kepastian Garuda Wiko akan memimpin universitas terbesar di Kalimantan Barat ini setelah dilakukannya rapat senat tertutup dalam rangka pemilihan dan penetapan rektor terpilih dengan pemungutan suara.

Pemungutan suara dilangsungkan layaknya pesta demokrasi yang ada di masyarakat atau sama halnya dengan Pilkada atau Pemilu.

Mereka yang mempunyai hak suara adalah anggota senat universitas dan 35 persennya dari senat yang hadir adalah suara dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti).

Total suara dalam pemilihan Rektor Untan untuk periode 2019-2023 ini 80 suara, dengan rincian 52 anggota senat dan 28 suara dari kementerian sehingga totalnya menjadi 80 suara.

Baca: Hadiri Pelantikan DAD Singkawang, Ini Pesan Tjhai Chui Mie

Baca: Dapat Peci dan Pakaian Khas Dayak, Sandi: Alhamdulillah Saya Mendapat Kehormatan

Baca: Lantik Pengurus DAD Singkawang, Ini Pesan Jakius Sinyor

Baca: LIVE STREAMING Kaya FC Vs PSM Makassar, AFC CUP CHAMPIONSHIP 2019 Live MNCTV Jam 14.30 WIB

Sebetulnya dalam pemilihan tahap kedua ini ada tiga nama yang bertarung, Prof Dr. H. Garuda Wiko, SH. M.Si, Prof. Dr. H. Eddy Suratman, SE. MA dan Dr. Ir. H. Gusti Hardiansyah M.Sc.QAM. IPU.

Namun dalam penghitungan suara, Gusti Hardiansyah tak memiliki satu suarapun, bahkan dapat disimpulkan bahwa dirinya sendiri tak mensoblos dirinya atau memberikan suaranya pada kandidat lainnya.

Garuda Wiko dan Eddy Suratman saling kejar mengejar saat proses penghitungan, bahkan beberapa kali keadaan selalu berbalik sehingga pada akhirnya, Garuda Wiko unggul dua suara atas Eddy Suratman.

Garuda memperolah 41 suara, sedangkan Eddy Suratman meraih 39 suara.

"Saya ucapkan rasa syukur atas terselenggaranya pemilihan ini yabg berjalan lancar dengan ketentuan yang ada. Kita sudah melihat sendiri prosesnya berjalan dengan baik dan dipersiapkan sebaik mungkin oleh panitia," ucap Garuda Wiko saat diwawancarai, Selasa (2/4/2019).

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih pada Rektor Untan, Prof Thamrin Usman saat ini yang menjabat hingga 13 April 2019. Ucapan terima kasih juga dihaturkan pada senat dan panitia penyelenggara serta seluruh guru besar dan lainnya yang terlibat dalam pemilihan.

"Kita juga sampaikan terima kasih yang sebesar-besar pada Kemenristekdikti yang telah menghadirkan perwakilan dalam pemilihan ini. Kedepan tentu saja, kita akan meneruskan program-program yang dimulai PaK Rektor saat ini," tambahnya.

Selain meneruskan program kerja yang pondasinya telah dirintis oleh rektor sebelumnya, Garuda Wiko menegaskan ada tantang-tanganan baru yang akan dihadapi, maka ia akan susun dalam program pertahunnya.

Garuda, merasa penting dalam membangun kolaborasi dengan pemerintah daerah. Universiras dan pemerintah daerah bahkan pihak swasta adalah elemen yang harus bersatu dalam membangun sebuah kemajuan baik universitas maupun daerah ini.

Diakhir wawancara pada Trinun Pontianak, ia menegaskan proses pemilihan telah usai maka semua pihak yang ada di Untan harus saling merangkul dan bersatu padu membangun dan mengembangkan Untan.

"Tentu saja baik Prof Eddy, maupun Dr Gusti Hardiansyah adalah keluarga besar Untan, kami bertekad untuk bersama-sama membangun untan ini. Pemilihan rektor adalah sesuatu yang alamai, adanya proses pemilihan ini tentunya tidak membuat ada perbedaan antar kita yang ada di dalam nya," jelas Garuda Wiko.

Sementara untuk wakil rektor yang akan membantunya dalam melaksanakan tugas, Garuda sebut belum pemikiran untuk merombaknya. Selain itu, wakil rektor yang ada saat ini, ia yakin dapat bekerjasama dan membantunya dalam melaksanakan tugas.

Penulis: Syahroni
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved