Pemkot Pontianak Dukung Penuh Aksi Hemat Energi Gerakan Earth Hour 2019

Wakil Walikota Pontianak, Bahasan, menghadiri acara konferensi pers mengenai selebrasi Earth Hour Pontianak, di Hotel Golden Tulip

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Madrosid
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Ya'M Nurul Anshory
Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan saat diwawancara awak media, usai konferensi pers Earth Hour di Hotel Golden Tulip, Pontianak, Jumat (29/3/2019). 

Pemkot Pontianak Dukung Penuh Aksi Hemat Energi Gerakan Earth Hour 2019

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Wakil Walikota Pontianak, Bahasan, menghadiri acara konferensi pers mengenai selebrasi Earth Hour Pontianak, di Hotel Golden Tulip, Jalan Teuku Umar, Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (29/3/2019) sore.

Bahasan menuturkan, bahwa ia sebagai Wakil Walikota Pontianak mendukung penuh kegiatan yang digelar oleh komunitas Earth Hour Pontianak.

"Saya aprsiasi setinggi-tingginya terhadap acara ini. Merupakan sesuatu luar biasa dimana perwakilan dari WWF ini sudah banyak melakukan kampanye terkait lingkungan hidup ini," tuturnya.

Baca: Berikut Susunan Acara The Gade Night Fun Run Singkawang

Baca: Real Madrid Siap Hamburkan Rp 8 Triliun Demi Trio Idaman Zinedine Zidane

Baca: 100 Peserta Ikuti Lomba Mewarnai di Borneo Properti Expo 2019

Baca: Satu Jam Matikan Lampu, Gerakan Earth Hours Akan Nyalakan 2019 Batang Lilin

Bahasan menegaskan anak-anak muda berperan aktif dalam menjaga lingkungan hidup, termasuk dari komunitas Earth Hour.

"Kalau bukan anak muda yang menjaga lingkungan siapa lagi, kami Pemerintah Kota mendukung, dan semoga Pemerintah Provinsi juga bisa bersinergi dengan kita," tuturnya.

Wakil Wali Kota itu menghimbau kepada masyarakat agar mengurangi penggunaan bahan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

"Itulah tantangan kita karena masyarakat kita sudah bertahun-tahun menggunakan plastik sekali pakai, itulah nanti jadi prioritas kita untuk mengubahnya," ungkapnya.

Bahasan berharap, semoga perjuangan rekan-rekan dari komunitas Earth Hour diberkahi Tuhan yang maha esa.

"Kami mendukung sepenuhnya untuk kegiatan ini, dimana ini sudah masuk tahun ke delapan, semoga dengan ini bisa menjadi sosialisasi kepada masyarakat tentang lingkungan hidup," tandasnya.

Koordinator Earth Hour Kota Pontianak, I Wayan Bayu Anggara mengatakan, kegiatan Earth Hour sendiri akan dilaksanakan pada Sabtu (30/3/2019) besok di halaman Kantor Gubernur Kalbar, dimulai pukul 19.00 malam WIB.

Ia mengatakan sampai awal tahun 2019 mereka sudah masuk ke 10 sekolah di Pontianak untuk mengajari mereka bagaimana memelihara lingkungan.

"Kami ajarkan cara menjaga lingkungan, mengolah sampah, merubah gaya hidup mereka supaya menyayangi lingkungan, hasilnya mereka sudah mulai bisa menjaga lingkungan," ujarnya.

Kemudian kata dia, acara inti nantinya akan mematikan lampu selama satu jam, mulai pukul 20.30 sampai 21.30 di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Sabtu (30/3/2019). Selain itu juga ada serangkaian acara mini konser, dan peform dari sejumlah penggiat seni di Kota Pontianak.

Dalam konferensi pers itu juga diundang perwakilan WWF Germany, Hariati Khalsa, ia mengungkapkan project yang ia kerjakan di Kalbar sebenarnya dibawah payung Heart Of Borneo (Jantung Kalimantan_red), "jadi komunitas ini bergerak dibidang keberlangsungan lingkungan," imbuhnya.

Lebih rinci ia menyampaikan, ada project yang dilakukannya disini, terkait lingkungan hidup, di Kapuas Hulu dan sejumlah lokasi di Kalbar.

"Kegiatan saya juga didukung oleh kementrian lingkungan di Negara Jerman," pungkasnya. (Yak)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved