Gempa Guncang Sintang

GEMPA Bumi Guncang Sintang, Warga Singkawang Pernah Rasakan Gempa yang Lebih Besar

Masyarakat kami imbau tetap tenang, jangan terpancing informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan dan menunggu informasi BMKG berikutnya

GEMPA Bumi Guncang Sintang, Warga Singkawang Pernah Rasakan Gempa yang Lebih Besar
ILUSTRASI
ILUSTRASI GEMPA BUMI 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Wahidin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Kepala Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Sintang Supriandi memastikan telah terjadi gempa bumi di wilayah Kabupaten Sintang, Rabu (27/3/2019) pukul 05.40 WIB.

Gempa bumi dengan magnitudo 3.1 Skala Richter (SR) itu pusatnya di darat 48,63 kilometer timur laut Kecamatan Sintang.

Menurut data BMKG, lokasi gempa berada di titik koordinat 0.08 LU 111.92 BT dengan kedalaman 5 kilometer, dirasakan Modified Mercalli Intensity (MMI) I-II.

"Masyarakat kami imbau tetap tenang, jangan terpancing informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan dan menunggu informasi BMKG berikutnya," kata Supriandi.

Sebagai antisipasi munculnya pemberitaan simpang siur, masyarakat diharapkan mengakses informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melalui website http://www.bmkg.go.id atau melalui aplikasi Info BMKG di Playstore.

Baca: BREAKING NEWS - Gempa Guncang Sintang, BMKG Imbau Masyarakat Tenang! Magnitudo 3,1 Kedalaman 5 KM

Gempa di wilayah Kalbar sebenarnya merupakan fenomena langka. Namun bukan berarti hal itu tidak pernah terjadi.

Pada 23 dan 24 Agustus 2011 silam, gempa lebih besar berkekuatan 4.4 SR dan 4.6 SR pernah mengguncang wilayah Kota Singkawang dan Kabupaten Bengkayang.

Menurut Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Supadio Pontianak saat itu, Bambang Hargiyono, gempa pada 24 Agustus 2011 terjadi pukul 22.51.40 WIB.

"Kekuatan gempa 4.6 Skala Richter (SR) dengan kedalaman 10 km. Pusat gempa berada di laut, sekitar 97 km barat laut Pontianak," kata Bambang.

Halaman
12
Editor: Arief
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved