Gempa Guncang Sintang

Gempa Guncang Sintang, BMKG Pastikan tidak Berpotensi Tsunami

Gempa tektonik tersebut terjadi di wilayah Kecamatan Kelam Permai dan sekitarnya pada Rabu (27/3/2019) sekitar pukul 05.40 WIB

Gempa Guncang Sintang, BMKG Pastikan tidak Berpotensi Tsunami
TRIBUNPONTIANAK/WAHIDIN
Informasi gempa Sintang di perangkat smartphone 

Sintang Dihantam Gempa, BMKG Pastikan Tak Berpotensi Tsunami dan Minta Masyarakat Tenang

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG- Kepala Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Sintang, Supriandi membenarkan bahwa telah terjadi gempa dengan magnitudo 3.1 Skala Richter (SR) di wilayah Sintang, khususnya Kecamatan Kelam Permai.

Gempa tektonik tersebut terjadi di wilayah Kecamatan Kelam Permai dan sekitarnya pada Rabu (27/3/2019) sekitar pukul 05.40 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukan gempabumi ini memiliki kekuatan magnitudo 3.1 SR.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0.08 LU dan 111.92 BT, atau tepatnya berlokasi di darat 48.63 km Timurlaut Sintang-KALBAR pada kedalaman 5 km.

Baca: GEMPA Bumi Guncang Sintang, Warga Singkawang Pernah Rasakan Gempa yang Lebih Besar

Baca: JADWAL Bola Liga Inggris Akhir Pekan Ini, Akankan Liverpool Kembali Terjungkal dari Puncak Klasemen

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal," jelasnya.

Menurutnya, dampak gempa bumi berdasarkan informasi dari masyarakat dirasakan I-II MMI di Sintang, Kalimantan Barat terjadi di beberapa desa di Kecamatan Kelam Permai, khususnya di wilayah Lingkar Kelam.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," terangnya.

Terkait dengan peristiwa gempabumi yang baru saja terjadi, hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Baca: JANJI Politik Jokowi di Kalbar! Bangun Tol Pontianak-Singkawang hingga Kartu Kuliah Luar Negeri

Baca: BREAKING NEWS - Gempa Guncang Sintang, BMKG Imbau Masyarakat Tenang! Magnitudo 3,1 Kedalaman 5 KM

"Oleh karena itu, Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG," jelasnya.

Informasi disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (inatews.bmkg.go.id atau www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Penulis: Wahidin
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved