Resmikan Pustu Desa Gandis Hulu, Jarot: Sebagai Kebutuhan Mendasar Masyarakat

“Nanti kita sama-sama anggota dewan kita usahalah bersamalah untuk lengkapi supaya lancar bah operasionalnya

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Bupati Sintang, Jarot Winarno meresmikan Unit Puskesmas Pembantu (Pustu) di Desa Gandis Hulu, Kecamatan Dedai, Kabupaten Sintang, Minggu (24/3/2019) kemarin. 

Resmikan Pustu Desa Gandis Hulu, Jarot: Sebagai Kebutuhan Mendasar Masyarakat 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG- Bupati Sintang, Jarot Winarno meresmikan Unit Puskesmas Pembantu (Pustu) di Desa Gandis Hulu, Kecamatan Dedai, Kabupaten Sintang, Minggu (24/3/2019) kemarin. 

“Dana DAK penugasan, regular, maupun afirmasi bertahun-tahun ini tidak boleh untuk membangun pusdes, puskesdes, pustu ya kan, sehingga pembangunan pustu baru bertumpu pada dana alokasi umum,” ungkapnya. 

Lanjutnya bahwa pembangunan Pustu ni sangat bermanfaat buat masyasrakat. Dengan adanya pustu ini lebih dekatlah pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

"Dalam indeks pembangunan desa dalam bidang kesehatan itu bunyinya dalam waktu kurang dari 30 menit masyarakat desa harus sudah bisa menemukan fasilitas kesehatan. Itulah yang mau kita penuhi,” terangnya. 

Menurutnya fokus kegiatan di pustu itu sifatnya yang kuratif dan pengobatan, serta ehabilitasi juga. Misalnya orang dengan stroke pulang berobat dari Sintang, checkupnya di sini. 

Baca: Jual Hp Curian di Facebook, Seorang Pria Diringkus Polisi

Baca: Panwascam Ella Hilir Lantik 63 PTPS

Baca: PCNU Sekadau Istighosah Bersama Banom di Puncak Harlah NU ke-96

"Tapi yang paling penting adalah kegiatan preventif dan promotif. Kesehatan ibu dan anak, terutama saat ini kita lagi rame-rame lakukan pemberantasan stunting,” jelasnya. 

Bupati Sintang membenarkan bahwa pembangunan Pustu Gandis Hulu ini belum selesai. Ada tiga hal yang menjadi catatan Jarot siang itu, belum adanya instalasi listrik, air bersih dan furnitur pendukung layanan. 

“Nanti kita sama-sama anggota dewan kita usahalah bersamalah untuk lengkapi supaya lancar bah operasionalnya,” janjinya. 

Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Syahroni menyampaikan bahwa selaku wakil rakyat menyampaikan bahwa pengaadaan Pustu ini berawal dari aspirasi masyarakat Desa Gandis Hulu dalam Musrembang. 

Halaman
12
Penulis: Wahidin
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved