Dansatrol Lantamal XII Pontianak Buka Latihan Operasi Matra Laut Tahun 2019

Komandan Satuan Patroli Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Dansatrol Lantamal ) XII membuka Latihan Operasi Matra Laut

Dansatrol Lantamal XII Pontianak Buka Latihan Operasi Matra Laut Tahun 2019
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Dansatrol Lantamal XII Pontianak Buka Latihan Operasi Matra Laut Tahun 2019 

Dansatrol Lantamal XII Pontianak Buka Latihan Operasi Matra Laut Tahun 2019

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK  - Komandan Satuan Patroli Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Dansatrol Lantamal ) XII membuka Latihan Operasi Matra Laut Satrol Lantamal XII dengan tema “Melalui Latihan Operasi Matra Laut Koarmada I Tahun 2019 Kita Mantapkan Kesiapan Dan Kesiagaan Operasional Koarmada I Guna Mendukung Pencapaian Keberhasilan Pelaksanaan Tugas Pokok“ bertempat di Dermaga Satrol Lantamal XII Pontianak pada Senin (25/3/2019)

Dalam Amanatnya Dansatrol Lantamal XII Pontianak menyampaikan bahwa TNI Angkatan Laut mempunyai tugas pokok membina kemampuan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT), membina potensi nasional menjadi kekuatan Hankamneg di bidang maritim, melaksanakan Operasi Laut seharl-hari dan melaksanakan operasi tempur laut untuk pengendalian laut serta proyeksi kekuatan ke darat lewat laut dalam rangka penegakan kedaulatan dan hukum di laut.

Dalam rangka mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas pokok tersebut, diperlukan tingkat kesiapan operasional yang ditopang dengan tingkat profesionalisme yang memadai dalam mendukung kesiapan dan kesiagaan operasi.

Baca: Wakapolda Kalbar: Jadi Polisi Harus Punya Nyali

Baca: Ciri-ciri Pelaku Perusakan ATM BRI di Pontianak Timur Terungkap Setelah Polisi Buka Rekaman CCTV

Baca: Hadiri Penyaluran Zakat Dari Baznas, Ini Pesan Eka Pria Saputra

Selain itu Dansatrol Lantamal XII Pontianak juga mengatakan bahwa Dalam rangka meningkatkan kemampuan, keterampilan, pemahaman dan profesionalisme prajurit, Satuan Kapal Patroli Lantamal XII akan melaksanakan latihan operasi matra laut yang melibatkan personel F1QR, KRI, KAL, Patkamla, Posal dan Posmat.

Latihan Operasi Matra Laut Tahun 2019 ini, akan di laksanakan selama lima hari, meliputi materi darat yaitu menembak laras panjang dan laras pendek, rappeling, panjat tali, pengetahuan membaca peta, pengetahuan intelijen dan pengetahuan hukum laut sedangkan untuk materi laut yaitu renang laut militer, sea survival.

Selama dasar dan ship boarding.

“Pada kesempatan ini, di instruksikan kepada seluruh prajurit jajaran Satrol Lantamal XII untuk melaksanakan latihan ini dengan sungguh-sungguh dan maksimal disertai sikap disiplin sebagai seorang prajurit, sehingga tercapai kesiapsiagaan operasi dalam pelaksanaan tugas pokok satrol lantamal XII. laksanakan latihan sebalk-baiknya, perhatikan prosedur dan mekanisme latihan serta utamakan keamanan dan keselamatan baik personel. materi, dalam rangka Zero Accident,” tegas Dansatrol Lantamal XII Pontianak.

Dansatrol Lantamal XII menambahkan agar para peserta mengikuti pelatihan Kamla ini dengan mencermati yang di sampaikan nara sumber agar dapat di terapkan dalam penugasan di wilayah Posal/Posmat, dengan harapan ke depan lebih ditingkatkan dalam capaian opskamla dan jalin kerjasama yang baik dengan instansi terkait.

Latihan yang digelar ini diikuti sebanyak 70 orang dari KRI, KAL, Patkamla, Posal dan Posmat dengan pendukung sebanak 10 orang dari Diskes, Sintel, Denma dan Staf Satrol Lantamal XII Pontianak berlangsung dari tanggal 25 s.d 29 Maret 2019.

Setelah Upacara Pembukaan Latihan Operasi Matra Laut Satrol Lantamal XII dilanjutkan dengan pembinaan fisik lari dengan menggunakan senjata dilanjutkan dengan teori kelas medivac dengan gumil Lettu Gandhi dari Diskes Lantamal XII Pontianak dilanjutkan dengan teori kelas pengetahuan intelijen dengan gumil Kpt Taufik dari Sintel Lantamal XII Pontianak.

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved