Breaking News:

Kapolsek Singkawang Selatan Minta Bhabinkamtibmas Aktifkan Lagi Siskamling

Polsek Singkawang Selatan dan Bhabinkamtibmas Pangmilang Bripka Iswan Susanto terlihat sedang asik berbincang

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Polsek Singkawang Selatan dan Bhabinkamtibmas Pangmilang Bripka Iswan Susanto terlihat sedang asik berbincang bersama masyarakatnya di pos siskamling Kelurahan Pangmilang, Minggu (24/4/2019) 

Kapolsek Singkawang Selatan Minta Bhabinkamtibmas Aktifkan Lagi Siskamling 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Polsek Singkawang Selatan dan Bhabinkamtibmas Pangmilang Bripka Iswan Susanto terlihat sedang asik berbincang bersama masyarakatnya di pos siskamling Kelurahan Pangmilang.

Upaya menekan kejahatan, terus dilakukan Polsek Singkawang Selatan, Salah satunya melibatkan masyarakat dengan penguatan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling).

Kapolsek Singkawang Selatan AKP Andhika Yudistira Maeyasa Dezchy, S.I.K mengatakan, upaya mendorong peran aktif masyarakat ini, dilakukan melalui Bhabinkamtibmas dengan program pembinaan dan pendampingan siskamling.

“Seluruh Bhabinkamtibmas polsek singkawang selatan di minta Kapolsek untuk harus rajin turun ke lapangan, laksanakan kegiatan dialogis terhadap petugas jaga di Pos Kamling, jalankan lagi Siskamling yang vakum dan bentuk siskamling di wilayah yang tidak ada siskamling," katanya, Senin (25/3/2019).

Baca: Sejumlah Agenda Bupati Mempawah Hari ini

Baca: Ini Daftar Media Cetak dan Online yang Fasilitasi Iklan Kampanye Pilpres dan Pemilu 2019

Baca: Ketua MUI Kalbar: Produk Halal Untuk Menjamin Ketenangan Masyarakat

Selain itu, dilakukan pembinaan dan penyuluhan untuk keamanan dan ketertiban masyarakat, agar petugas ronda sering keliling di lingkungannya, sebagai bentuk antisipasi tindak kejahatan.

Menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat tetap kondusif, adalah tanggung jawab bersama, apalagi menjelang pemilihan umun bulan April nanti.

“Masalah Kamtibmas, juga menjadi tanggungjawab seluruh masyarakat. Sebab dengan luasan wilayah kecamatan Singkawang Selatan, serta keterbatasan jumlah personel,” ujarnya.

Perbandingan jumlah personel dan jumlah penduduk sangatlah jauh, menurutnya, jelas sangat sulit bisa menjangkau keamanan penduduk. Diaktifkannya kegiatan Siskamling di tengah-tengah masyarakat, tentu akan sangat membantu tugas-tugas kepolisian.

“Minimal 30 sampai 40 persen tugas kepolisian sudah dilaksanakan oleh masyarakat, melalui Siskamling. Siskamling bisa meminimalisir munculnya kejahatan-kejahatan yang mungkin terjadi di lingkungannya,” imbuh Kapolsek.

Dia mengungkapkan, rumus terjadinya kejahatan adalah adanya niat dan kesempatan.

Meskipun seseorang memiliki niat untuk melakukan pencurian di rumah warga, namun karena orang tersebut masih melihat di lingkungan tersebut ada ronda, maka pasti niatnya untuk mencuri tidak dilanjutkan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved