Buka Pelatihan Potensi SAR, Bupati Sintang: Keterpaduan Ini yang Utama

Bupati Sintang Jarot Winarno membuka kegiatan Pelatihan Potensi Search dan Rescue (SAR) Teknik Pertolongan

Buka Pelatihan Potensi SAR, Bupati Sintang: Keterpaduan Ini yang Utama
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Bupati Sintang Jarot Winarno membuka kegiatan Pelatihan Potensi Search dan Rescue (SAR) Teknik Pertolongan di Permukaan Air yang diselenggarakan Kantor SAR Pontianak di Aula Hotel My Home Sintang, Senin (25/3/2019) pagi. 

Buka Pelatihan Potensi SAR, Bupati Sintang: Keterpaduan Ini yang Utama

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Bupati Sintang Jarot Winarno membuka kegiatan Pelatihan Potensi Search dan Rescue (SAR) Teknik Pertolongan di Permukaan Air yang diselenggarakan Kantor SAR Pontianak di Aula Hotel My Home Sintang, Senin (25/3/2019) pagi.

Pelatihan ini diikuti oleh 61 peserta yang merupakan Potensi SAR, dengan latar belakang ASN, TNI-Polri, dan masyarakat umum dari lima kabupaten, yaitu Kabupaten Sintang, Sekadau, Sanggau, Melawi dan Kabupaten Kapuas Hulu.

"Ini keterpaduan, jadi ada dari Korem, Batalyon, Brimob, Satpol-PP dan segenap elemen potensi SAR atau orang-orang yang bisa dilatih jika nanti dibutuhkan untuk membantu proses pencarian dan pertolongan dari Tim SAR," jelasnya.

Baca: VIDEO: Bupati Kapuas Hulu Serahkan Mobil Dinas ke Bawaslu

Baca: Indonesia Vs Myanmar, Link Live Streaming MNC TV Berlangsung Mulai Pukul 18.30 WIB

Baca: VIDEO: Buka Pelatihan Potensi SAR yang Diikuti 5 Kabupaten, Ini Arahan Bupati Jarot

Menurut Jarot keterpaduan inilah yang paling penting, artinya kekuatan Tim SAR yang begitu terbatas memerlukan dukungan. Sehingga potensi SAR yang terdiri dari berbagai latar belakang ini sangat perlu dimaksimalkan.

"Keterpaduan inilah yang utama, hari ini potensi SAR diberikan pelatihan, ke depan kita susun suatu metode komunikasi cepat, metode koordinasi karena kita punya potensi SAR yang bisa kita kerahkan kalau diperlukan," katanya.

Dengan dilatihnya Potensi SAR dari lima kabupaten di wilayah Kapuas Raya ini, Jarot berharap kejadian-kejadian seperti tenggelamnya kapal, orang tenggelam, dan lainnya. Keberadaan Potensi SAR dapat semakin membantu.

"Seperti di Semitau kemarin, ada kapal tenggelam saya ngecek datanya kemarin saja saya tidak tahu. Teman-teman mau melakukan proses pencarian dan pertolongan yang prima sulit, maka koordinasi terpadu kita harapkan," tutupnya.

Penulis: Wahidin
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved