22 SMK di Sambas Laksanakan UNBK, Ada Yang Gabung Sekolah

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas Suhut Firmansyah mengatakan, sebanyak 22 SMK di Kabupaten Sambas

22 SMK di Sambas Laksanakan UNBK, Ada Yang Gabung Sekolah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/M WAWAN GUNAWAN
Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas Suhut Firmansyah 

22 SMK di Sambas Laksanakan UNBK, Ada Yang Gabung Sekolah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas Suhut Firmansyah mengatakan, sebanyak 22 SMK di Kabupaten Sambas melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019.

Ia menuturkan, dari total 22 sekolah itu. Ada satu sekolah yang harus melaksanakan UNBK bergabung dengan sekolah lainnya.

"SMK ada 22 Sekolah, satu diantaranya gabung dengan sekolah lain dengan penyelenggara 21 sekolah," ujarnya, saat mendampingi Bupati Sambas meninjau lokasi UNBK, di SMKN 1 Sambas, Senin (25/3/2019).

Baca: Sertijab Pangdam XII Tanjungpura, Karolin Akui Banyak Belajar Dari Mayjen TNI Achmad Supriyadi

Baca: SMKN 1 Sambas Laksanakan UNBK Satu Sesi, Bupati Atbah Pantau Langsung

Baca: Pantau Proses UNBK, Ini Pesan Bupati Sambas

Ia menjelaskan, sebetulnya untuk SMA/SMK/ ataupun MA adalah menjadi kewenangan dari pihak Provinsi dalam mengawasi dan lain sebagainya berkaitan dengan Ujian Nasional.

Namun demikian, ia menuturkan Kabupaten juga tidak bisa lepas diri terkait hal tersebut. Karena beberapa kesenangan juga masih harus dilakukan untuk persiapan Ujian.

"Khusus untuk tingkat SMA memang sebetulnya di provinsi. Tapi terkait kesiapan mereka (Sekolah) semuanya punya jaringan di wilayahnya, tempat sekolah penyelenggara itu sudah siap apa belum. Dan koordinasi dengan PLN terkait penundaan pemadaman listrik dan lainnya menjadi tugas kita," ungkapnya.

"Seperti tadi, adanya pemadaman yang disebabkan karena hal tertentu. Yang seperti tadi juga ada sedikit masalah itu udah kita koordinasikan juga dengan pihak PLN di Singkawang dan Sambas. Dan mereka sangat tanggap dengan ini," bebernya.

Menurut Saut, itu merupakan bagian dari cipta kondisi agar pelaksanaan UNBK di Sambas bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Baca: IKIP PGRI Pontianak Gandeng DRPM Kemenristekdikti Tingkatkan Kualitas Output Penelitian Tahun 2019

Baca: Peneliti Beberkan Bahaya Menelan Air Kolam Renang Pada Kesehatan, Satu Diantaranya Keracunan!

Baca: Wali Kota Harap Bursa Kerja dan Wirausaha Dari BSI Mampu Kurangi Pengangguran

"Kita tetap juga bertanggung jawab disini. Untuk apa? Yaitu membangun Cipta kondisi untuk terselenggaranya ujian nasional bisa berlangsung," ungkapnya.

"Karena kita di daerah ini terkait dengan jaringan internet, jaringan listrik dan lain sebagainya. Itu termasuk kondisi-kondisi yang memungkinkan bagi anak mengikuti ujian," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, saat ini puluhan sekolah yang akan melaksanakan UNBK di Kabupaten Sambas. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut :

1. SMA yang melaksankan UNBK 33, penyelenggara 31 sekolah (dilaksakan pada 1 April mendatang).

2. SMK ada 22 Sekolah, satu diantaranya gabung dengan sekolah lain dengan penyelenggara 21 sekolah (Sedang berlangsung).

3. Madrasah Aliyah (MA/MAN) ada 9 sekolah, dan diselenggarakan di 3 sekolah. (1 April-selsai). 

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved