Resmikan PLTMH Semandak Bersinar, Bupati Sintang Ajak Masyarakat Menjaga Sungai

Jarot Winarno secara langsung meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Semandak Bersinar di Dusun Semandak

Resmikan PLTMH Semandak Bersinar, Bupati Sintang Ajak Masyarakat Menjaga Sungai
TRIBUNPONTIANAK/Wahidin
Bupati Sintang Jarot Winarno secara langsung meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Semandak Bersinar di Dusun Semandak, Desa Kemantan, Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang, Sabtu (23/3/2019) kemarin. 

Resmikan PLTMH Semandak Bersinar, Bupati Sintang Ajak Masyarakat Menjaga Sungai

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG- Bupati Sintang Jarot Winarno secara langsung meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Semandak Bersinar di Dusun Semandak, Desa Kemantan, Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang, Sabtu (23/3/2019) kemarin.

Jarot menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sintang mendorong agar konektivitas dan infrastruktur Dusun Semandak harus terus dijaga dan dilestarikan melalui pembangunan yang bersinergi dengan lingkungan.

“Inilah yang namanya energi baru yang terbarukan. Karena dengan PLTMH ini tidak merusak lingkungan, dengan syarat harus PLTMH dengan skala kecil menggingat bendungan tidak bisa dibangun yang lebih besar lagi," terangnya.

Baca: Kades Sambut Bahagia Kedatangan Bupati Sintang di Desa Landau Buaya

Baca: Penyegaran Rohani dan Pembinaan Kaum Pria GKII Ketungau Guna Hadapi Tantangan Globalisasi

Baca: Bupati Sintang Tutup Rangkaian Penyegaran Rohani dan Pembinaan Kaum Pria GKII Ketungau

Menurutnya inilah wujud hubungan yang baik antara manusia dengan alam. Apalagi, menurut Jarot daerah Sepauk Hulu khususnya di sekitar Lingkar Bukit Saran sangat kental hubungan antara masyarakat adat setempat.

"Tentu kita tahu di sini bubungan masyarakat dengan alam sangat luar biasa. Namun kita bisa melihat sumber daya alam kita menjadi sumber daya yang dapat dimanfaatkan secara optimal dan menjadi sumber energi listrik," katanya.

Jarot mengatakan, dengan kekayaan alam yang melimpah ini kita tidak takut miskin dengan cara kita jaga, kita lestarikan. Sebab itu, dia mengajak menjaga sungai sebagai sumber energi dengan PLTMH dan sumber air minum masyarakat.

Menurutnya PLTMH akan bergerak jika air akan terus mengalir dan air merupakan sumber kehidupan bagi manusia. Sehingga menjadi tugas bersama untuk menjaga air dapat terus mengalir dan memberikan kehidupan.

“Saya berharap masyarakat Dusun Semandak ini bisa mengangkat isu lingkungan dengan menyelamatkan hutan, melindungi hutan, dan mengembangkan kawasan hutan, sehingga air terjaga selama-lamanya," pungkasnya.

Penulis: Wahidin
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved