Tangan Istri Putus

Psikolog Jelaskan Penyebab Seseorang Berprilaku Nekat dan Sadistis

Akhir-akhir ini kerap terjadi penganiayaan di Pontianak dan Kubu Raya, dimana dari serangkaian kejadian

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Psikolog Sarah 

Psikolog Jelaskan Penyebab Seseorang Berprilaku Nekat dan Sadistis 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Akhir-akhir ini kerap terjadi penganiayaan di Pontianak dan Kubu Raya, dimana dari serangkaian kejadian itu beberapa pelaku tergolong nekat dan sadis.

Seperti yang terjadi di Desa Sungai Rengas, Kubu Raya, Sabtu (23/3/2019) kemarin, dimana seorang suami tega menebas lengan kanan istrinya dengan parang seleng hingga putus, kemudian Minggu (24/3/2019) kejadian serupa, dimana seorang remaja ditebas dengan samurai di Kelurahan Dalam Bugis, Pontianak Timur.

Menurut psikolog, Sarah, SPsi MPsi mengatakan, ada dua faktor yang melatarbelakangi munculnya perilaku nekat dan sadistis seseorang, yakni faktor internal dan eksternal.

Baca: Sosialiasi di Desa Puring, Rubaeti Erlita Siap Berjuang Kawal Aspirasi Masyarakat Kalbar

Baca: IKIP PGRI MoU dengan University Taiwan, Jajaki Riset dan Program Pertukaran Mahasiswa

Baca: Sering Chatting Dengan Istrinya, Pria Ini Tebas Bahu Remaja 19 Tahun Pakai Samurai

Faktor internal kata dia, dimana seseorang bisa melukai orang lain bahkan sampai berakibat fatal dikarenakan tidak mampunya orag tersebut untuk mengendalikan dan menselaraskan antra kondisi emosi dan akal sehat.

Sedangkan faktor ekstrnal menurutnya bisa beragam, seperti latar belakang sosial ekonomi, dan pembelajaran yang kurang tepat dari media yang kerap menampilkan kekerasan.

Untuk mencegah munculnya perilaku sadistis itu, Sarah mengatakan, seseorang perlu meningkatkan kontrol diri dan tidak larut dalam situasi emosi.

"Tentu untuk melakukan hal tersebut dibutuhkan dukungan dari keluarga dan orang terdekat, jika diperlukan penanganan lebih lanjut diperlukan pendampingan dari ahlinya," tandasnya.

Penulis: Muhammad Rokib
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved