Pemilu 2019

Jelang Pemilu 2019, Kapolres Kapuas Hulu Pimpin Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata

Kapolres Kapuas Hulu AKBP RS. Handoyo M.Si, memimpin langsung apel gelar pasukan operasi "Mantap Brata"

Jelang Pemilu 2019, Kapolres Kapuas Hulu Pimpin Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SAHIRUL HAKIM
Apel gelar pasukan operasi "Mantap Brata" dalam rangka pengamanan menghadapi pemilu 2019, di Mapolres Kapuas Hulu, Jumat (22/3/2019). 

Jelang Pemilu 2019, Kapolres Kapuas Hulu Pimpin Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Kapolres Kapuas Hulu AKBP RS. Handoyo M.Si, memimpin langsung apel gelar pasukan operasi "Mantap Brata" dalam rangka pengamanan menghadapi pemilu 2019, di Mapolres Kapuas Hulu, Jumat (22/3/2019).

"Apel Gelar pasukan Operasi Terpusat Mantap Brata Kapuas 2019 ini, adalah dalam rangka menghadapi pengamanan Pemilu tahun 2019. Dengan mengambil tema Tingkatkan Sinegritas TNI-POLRI dengan komponen lain nya guna mewujudkan Kamdagri ysng kondusif di wilayah Hukum Polres Kapuas Hulu," ujarnya.

Dalam katasambutan Kapolres, dirinya membaca amanat dari Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan RI, Wiranto. Dimana menjelaskan, Pemilu Serentak Tahun 2019 merupakan pesta demokrasi Indonesia, yang akan menjadi tonggak sejarah karena dilaksanakan secara serentak yakni 5 jenis pemilihan dalam waktu yang bersamaan.

Baca: Wabup Aloysius Hadiri Rakor Penyaluran DAK, Dana Desa dan Tugas Pembantuan Tahun 2019

Baca: Atbah: Menjelang Pemilu, Masih Ada Tantangan Yang Harus Dihadapi

Baca: BPK Swasta Sambas Imbau Warga Sembahyang Kubur Perhatikan Keamanan Saat Membakar Kertas

"Pemilu serentak kali ini akan menjadi warisan kebanggaan sekaligus menjadi sorotan dunia internasional, terkait apakah bangsa Indonesia mampu melaksanakan konsolidasi politik dengan demokratis, dan berintegritas dalam rangka memilih pemimpin nasionalnya," ucapnya.

Menurutnya, sukses atau tidaknya perhelatan demokrasi ini, sangat tergantung kepada semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung.

"Tidak saja anggota partai politik dan masyarakat yang dituntut untuk taat dan patuh pada berbagai ketentuan yang ada, akan tetapi juga pihak penyelenggara Pemilu yakni KPU, Bawaslu dan DKPP wajib hukumnya menunjukkan kinerja yang obyektif dan transparan," ujarnya.

Tidak ketinggalan tentunya fungsi dan peran TNI-Polri yang berada di luar lingkup penyelenggara Pemilu, akan tetapi sangat menentukan suksesnya keberlangsungan Pemilu yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

"Pemilu serentak tahun 2019 merupakan kesempatan berharga bagi rakyat Indonesia, untuk memilih calon anggota legislatif yang akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan sekaligus sarana untuk memilih pemimpin nasional guna mewujudkan cita-cita nasional bangsa Indonesia," ucapnya.

Diketahui bersama bahwa terkait penyelenggaraan Pemilu Serentak tahun 2019 masih terdapat ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang dimungkinkan akan menghambat kelancaran penyelenggaraannya.

"Kita ketahui bersama bahwa Bawaslu dan Polri telah mengeluarkan Indeks Kerawanan Pemilu, yang merupakan pemetaan terhadap kerawanan-kerawanan yang diprediksi akan timbul dalam penyelenggaraan Pemilu disetiap daerah," ujarnya.

Pemetaan kerawanan ini meliputi sisi penyelenggaraan dan sisi keamanan danketertiban masyarakat. Oleh karena itu, mengajak seluruh stake holders terkait untuk segera mengenali, menemukan dan menetralisir serta mengatasi hambatan-hambatan tersebut.

"TNI-Polri selaku institusi yang bertanggung jawab langsung terhadap pengamanan jalannya Pemilu Serentak tahun 2019, apabila menemukan adanya kerawanan dan hambatan tersebut harus dapat mengambil suatu tindakan tegas sesuai dengan Prosedur Tetap, dan aturan hukum yang berlaku sehingga tidak ada toleransi sekecil apapun bagi pihak-pihak yang akan mengganggu jalannya Pemilu Serentak Tahun 2019," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved