Jelang Pelaksanaan UNBK, PLN Amankan Pasokan Listrik

Untuk mengamankan pasokan listrik jelang UNBK, PLN telah melakukan serangkaian upaya antisipasi berupa perbaikan serta pemeliharaan

Jelang Pelaksanaan UNBK, PLN Amankan Pasokan Listrik
TRIBUN/DOK
Petugas PLN mengamankan pasokan listrik jelang UNBK, PLN telah melakukan serangkaian upaya antisipasi berupa perbaikan serta pemeliharaan mulai dari sisi pembangkit, jaringan transmisi serta distribusi. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sebentar lagi akan dilaksanakan.
Masing-masing sekolah yang akan melaksanakan perhelatan massal ini terlihat sibuk.

Kesuksesan pelaksanaan UNBK tidak terlepas dari upaya PLN dalam mengamankan pasokan listrik ke sekolah-sekolah. Ingin tahu apa saja upaya PLN dalam mengamankan pasokan listrik jelang pelaksanaan UNBK ?

Baca: KPU Kalbar Gelar Rekap DPTb Tahap Dua

Baca: Ramalan Zodiak Jumat 22 Maret 2019: Zodiak Jokowi Tak Terduga, Zodiak Prabowo Harus Hati-hati

Untuk mengamankan pasokan listrik jelang UNBK, PLN telah melakukan serangkaian upaya antisipasi berupa perbaikan serta pemeliharaan mulai dari sisi pembangkit, jaringan transmisi serta distribusi.

Khusus di jaringan distribusi, upaya perbaikan dan pemeliharaan tersebut antara lain dengan melakukan pemangkasan pohon didekat jaringan listrik, melakukan pemeliharaan trafo distribusi. Upaya lainnya adalah melakukan visitasi ke sekolah-sekolah untuk mengetahui kondisi instalasi listrik serta kesiapan daya listrik dimasing-masing sekolah.

Visitasi ke sekolah-sekolah juga sebagai upaya untuk mengetahui secara langsung kendala yang dihadapi oleh sekolah agar dapat segera diatasi.

Untuk mengantisipasi jika terjadi gangguan mendadak saat pelaksanaan UNBK, PLN telah mempersiapkan beberapa genset mobile disetiap kantor Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) dan Unit Layanan Pelanggan (ULP).

Masing-masing kantor ULP telah mempersiapkan genset mobile dengan berbagai kapasitas daya mampu yang dapat sewaktu-waktu bergerak ke sekolah-sekolah jika terjadi gangguan listrik.

Sementara jika terjadi gangguan pada trafo distribusi yang membutuhkan penanganan serta perbaikan yang cukup lama, PLN juga telah menyiapkan Unit Gardu Bergerak (UGB) dengan berbagai kapasitas daya disetiap kantor ULP.

Menurut Manager Komunikasi PLN Unit Induk Kalbar, Syaipunnur Rahsia, untuk menyukseskan pelaksanaan UNBK, pihaknya telah melakukan berbagai upaya, baik disisi PLN maupun eksternal diluar PLN. Semua upaya persiapan tersebut menjadi Standar Operational Procedure (SOP) yang harus dilaksanakan di setiap unit-unit layanan.

“Kita telah mempersiapkan SOP pengamanan pasokan listrik jelang pelaksanaan UNBK untuk dilaksanakan oleh seluruh kantor UP3, baik di UP3 Pontianak, Singkawang, Sanggau maupun Ketapang,” jelasnya.

SOP ini tentunya akan mempermudah Unit-unit Layanan Pelanggan dalam mengeksekusi pengamanan pasokan listrik. Hal terpenting adalah harus ada komunikasi antara

PLN dan pihak Dinas Pendidikan serta sekolah-sekolah yang akan melaksanakan UNBK.

“Jika terjadi kendala terkait pasokan listrik yang berpotensi terjadinya gangguan saat pelaksanaan UNBK agar dapat segera menghubungi kantor-kantor unit layanan pelanggan terdekat,” jelas Syaipun.

Ditambahkannya pula, untuk layanan gerak cepat, PLN sudah menyiapkan petugas Layanan Teknik serta kendaraan roda 4 dan roda 2 yang sedia melayani jika sewaktu-waktu dibutuhkan saat terjadi gangguan listrik.

Penulis: Nina Soraya
Editor: Nina Soraya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved