Cegah Penyalahgunaan di Lapangan Lewat Teknologi, Muda Mahendrawan: Perlu Sinergi Instansi Terkait

Muda Mahendrawan menilai Sosialisasi tersebut difokuskan pada kebutuhan dukungan implementasi teknologi informasi dalam pengelolaan

Cegah Penyalahgunaan di Lapangan Lewat Teknologi, Muda Mahendrawan: Perlu Sinergi Instansi Terkait
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/TRY JULIANSYAH
Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan membuka kegiatan Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Manajemen peRencanaan, pengAnggaran dan peLaporan (SIMRAL), di Aula Kantor Bupati, Kamis (14/3). 

Cegah Penyalahgunaan di Lapangan Lewat Teknologi, Muda Mahendrawan: Perlu Sinergi Instansi Terkait

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBURAYA - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kubu Raya melaksanakan Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan (SIMRAL) Dalam Mendukung Proses Pembangunan Daerah, dengan mengundang kepala-kepala OPD dan Camat serta admin IT dari masing-masing OPD. Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menilai Sosialisasi tersebut difokuskan pada kebutuhan dukungan implementasi teknologi informasi dalam pengelolaan kegiatan pembangunan daerah supaya konsisten (runut dan utuh), transparan, dan akuntabel, sehingga peluang penyalahgunaan anggaran bisa diminimalkan, atau dihilangkan.

"Kita ingin melakukan optimalisasi sistem informasi dan teknologi, pemanfaatan sarana teknologi untuk melakukan pengelolaan data supaya lebih transparan, lebih terarah dan runut serta utuh. Sekaligus juga akan meminimalisir segala kemungkinan-kemungkinan penyalahgunaan di lapangan," ujarnya, Kamis (14/3).

Baca: Muda Mahendrawan Keluarkan Kebijakan Pagu Indikatif Kecamatan

Baca: Harinya Cicilan Lunas, Adira Keluarkan Program Menarik Hingga Bulan November

Baca: Prediksi Dynamo Kiev Vs Chelsea Liga Eropa Malam Ini - Chelsea Tinggal Bermain Sabar

Menurutnya integrasi antara e-Planning dengan e-Budgeting sangatlah penting, untuk itu diperlukan upaya percepatan dalam implementasinya. SIMRAL BPPT diharapkan dapat mendukung upaya percepatan implementasi ini melalui model replikasi sistem yang akan diimplementasikan di Pemerintah Kabupaten Kubu Raya.

"Integrasi e-Planing dan e-Budgeting sangat membutuhkan sinergi dari instansi-instansi terkait untuk dapat merumuskan bersama model yang optimal. Instansi terkait dalam hal ini meliputi OPD dan Kecamatan. PTIK BPPT siap memberikan dukungan dalam penggunaan teknologi informasi yang dibutuhkan," katanya.

Melalui sinergi ini ia berharap dapat terwujudnya penggunaan teknologi informasi atau e-Government yang lebih efektif dan efisien dalam mendukung reformasi birokrasi, dan akuntabiltas pelayanan public di Kubu Raya. Muda mengatakan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya sangat mendukung Sistem Informasi Manajemen Perencanaan , Penganggaran, dan pelaporan (SIMRAL)

"Dengan SIMRAL ini secara langsung bisa mengintegrasikan seluruh Perencanaan , penganggaran , Evaluasi kita lebih baik lagi," pungkasnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved