Suriansyah: Penegakan Hukum Terhadap WNA Pelanggar Imigrasi Harus Tegas

Kalau memang sejumlah yang disebutkan tadi sudah memenuhi unsur untuk dipulangkan atau dipidana kami tentu mengapresiasi tindakan tersebut

Suriansyah: Penegakan Hukum Terhadap WNA Pelanggar Imigrasi Harus Tegas
TRIBUN PONTIANAK.CO.ID/ FILE
Suriansyah 

Suriansyah: Penegakan Hukum Terhadap WNA Pelanggar Imigrasi Harus Tegas

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sepanjang 2018 lalu, sedikitnya 650 orang terkena Tindakan Admisitrasi Keimigrasian (TAK), 23 diantaranya diproses peradilan, dan 307 orang dipulangkan ke negara asal.

Kemudian tahun 2019 sampai awal Maret ini, 85 orang Warga Negara Asing (WNA) di TAK, 1 orang di proses peradilan, dan 69 orang dipulangkan.

Informasi tersebut disampaikan oleh Kepala Divisi (Kadiv) Keimigrasian Kantor Wilayah (Kanwil) Kalimantan Barat, Husni Thamrin, Jumat (8/3/2019) dimana ia menbahkan dari 69 orang yang dipulangkan semuanya terbukti melakukan pelanggaran keimigrasian, dengan kasus berbeda beda.

Baca: Jakius Ingin Ketua DAD Kota Pontianak Jalin Sinergi dengan Pemkot Pontianak

Baca: Pokja Demokrasi Harap Bimtek KPU Sampai ke Lini Paling Bawah

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar, Ir H Suriansyah mengatakan terhadap Warga Negara Asing memang ada ketentuan-ketentuan administrasi yang harus dipenuhi.

"Kalau memang sekarang ini banyak WNA yang ada di Kalimantan Barat tentunya harus diperlakukan hal yang sama, artinya apabila mereka melakukan kesalahan, tentu harus ditindak sebagaimana hukum yang berlaku, tidak boleh ada pengecualian, tidak boleh ada keringanan, dan tidak boleh ada tebang pilih terhadap WNA tersebut," tuturnya.

Wakil Ketua DPRD Provinsi itu sangat mengapresiasi atas kerja keras pihak imigrasi yang telah menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

"Kalau memang sejumlah yang disebutkan tadi sudah memenuhi unsur untuk dipulangkan atau dipidana kami tentu mengapresiasi tindakan tersebut," ujarnya.

Baca: Penyakit Tidak Menular Biasa Diderita Sejak Usia 15-59 Tahun, Ini Imbauan Diskes Kubu Raya

Baca: Hadiri Musdat V DAD Kota Pontianak, Ini Harapan dan Pesan Edi Kamtono

Lebih lanjut ia meminta kepada pihak imigrasi jika masih saja ada WNA yang terindikasi melanggar aturan harus segera ditindaklanjuti agar tidak menimbulkan dampak lain yang lebih besar.

"Tapi kalau memang belum semuanya atau belum cukup tindakan yang diberikan pihak imigrasi harus menegakkan aturan yang ada, karena apabila tidak ini akan berdampak pada hal-hal lain lagi, termasuk tindakan-tindakan kriminal," tandasnya. 

Penulis: Muhammad Rokib
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved